Repository Universitas Andalas

SINTESIS KALSIUM PIROFOSFAT DARI KULIT KERANG DARAH (Anadara granosa)MELALUI METODA PRESIPITASI

Wiraningsih, Wiraningsih (2010) SINTESIS KALSIUM PIROFOSFAT DARI KULIT KERANG DARAH (Anadara granosa)MELALUI METODA PRESIPITASI. Other thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (SINTESIS KALSIUM PIROFOSFAT DARI KULIT KERANG DARAH (Anadara granosa)MELALUI METODA PRESIPITASI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (501Kb) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan biomaterial sintesis sebagai bahan rehabilitasi jaringan tulang dan gigi diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang akan melanjutkan fungsi daur kehidupan jaringan yang digantikan. Salah satu bahan yang sedang dikembangkan sebagai biomaterial sintesis adalah biokeramik. Biokeramik kalsium posfat dengan ketahanan uji yang rendah dibawah beban tarik dapat digunakan sebagai powder untuk pencangkokan tulang telinga tengah, pencangkokan gigi dengan meningkatkan kekuatannya dengan lapisan logam. Kalsium pirofosfat termasuk dalam kelompok turunan dari senyawa kalsium fosfat yang merupakan suatu subjek yang menarik pada penelitian ilmiah karena aplikasinya dalam bidang medis untuk perkembangan dalam pembuatan biomaterial yang berguna untuk implan. Sintesis kalsium pirofosfat ini menggunakan bahan mentah kulit kerang sebagai sumber Ca dan menggunakan asam nitrat sebagai pelarut yang akan direaksikan dengan garam posfat yaitu diamonium hydrogen posfat yang berfungsi sebagai sumber posfor dengan menggunakan metoda presipitasi. Penelitian ini bertujuan untuk pemanfaatkan limbah kulit kerang menjadi kalsium pirofosfat dengan menggunakan metoda presipitasi kimia sehingga kulit kerang bisa dimanfaatkan kembali, mensintesis kalsium pirofosfat dari limbah kulit kerang sebagai sumber kalsium.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 26 May 2011 08:03
Last Modified: 26 May 2011 08:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item View Item