Repository Universitas Andalas

KAJIAN YURIDIS TENTANG PENYALAHGUNAAN WAKTU TELEPON OLEH PENYELENGGARA WARUNG TELEKOMUNIKASI DI KOTA PADANG

YULIANTI, YULIANTI (2009) KAJIAN YURIDIS TENTANG PENYALAHGUNAAN WAKTU TELEPON OLEH PENYELENGGARA WARUNG TELEKOMUNIKASI DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (KAJIAN YURIDIS TENTANG PENYALAHGUNAAN WAKTU TELEPON OLEH PENYELENGGARA WARUNG TELEKOMUNIKASI DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (448Kb) | Preview

Abstract

Warung telekomunikasi dimaksudkan untuk memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat yang membutuhkan layanan ini. Sekarang hampir setiap orang punya telepon genggam, sehingga mengurangi konsumen dan pendapatan wartel serta membuat wartel tersebut semakin di tinggalkan. Oleh sebab itu, penyelenggara wartel di kota Padang banyak yalg melakukan penyalahgunaan waktu telepon untuk mendapatkan keuntungan lebih. Adapun yang menjadi permasalahan adalahbagaimana bentuk peq'anjian yang dilakukan antara PT. Telkom dengan pihak penyelinggara wartel, bagaimana bentuk penyalahgunaan waktu yang dilakukan oleh penyelenggara wartel dan apa sanksi yang dinerikan oleh PT. Telkom. Untuk membahas permasalahan diatas dipakai metode yuridis sosiologis. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian kepustakaan untuk mendapatkan d,ata sekunder dan penelitian lapangan untuk mendapatkan data primer dengan menggunakan instrument wawancara yang dipandu dengan daftar pertanyaan yang diajukan kepada pihak-pihak yang berwenang, serta mengambil sampel dengan cara purposive sampling. Seielah ,"*rri data terkumpul kemudian dilakukan analisa secara kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa perjanjian yang dilakukan oleh pihak Telkom dan penyelenggara wartel adalah perjanjian kerja sama dalam hal sambungan telekomunikasi dan penjualan jasa telekomuniksai serta kerjasama dalam bagi hasil pendapatan. Penyalahgunaan waktu dilakukan dengan cara mengubah setingan billing yang terdapat di komputer. Sanksi yang diberikan berupa teguran dan pemutusan kerjasama serta pencabutan izin usaha wartel. Hendaknya PT. Telkom liarus rutin memeriksa setingan program di setiap wartel di kota Padang dan menerapkan setingan program baku atau permanen agar tidak bisa di ubah-ubah oleh penyelenggara wartel untuk mencegah terj adinya penyalahgunaan tarif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 26 May 2011 08:01
Last Modified: 26 May 2011 08:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13670

Actions (login required)

View Item View Item