Repository Universitas Andalas

PERENCANAAN STRATEGIS PT. FAVORIT MEDIA TELEVISI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERTELEVISIAN SUMATERA BARAT

Sari, Amelia Kartika (2008) PERENCANAAN STRATEGIS PT. FAVORIT MEDIA TELEVISI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERTELEVISIAN SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (PERENCANAAN STRATEGIS PT. FAVORIT MEDIA TELEVISI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERTELEVISIAN SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (378Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini terkait dengan perencanaan strategis Favorit TV yang dimulai dari mengidentifikasi visi dan misi yang ditetapkan perusahaan dan strategi bersaing yang saat ini diterapkan FaTV dalam menghadapi persaingan. Selanjutnya penelitian ini menganalisis alternatif strategi yang tersedia yang bisa dijalankan stasiun tv lokal FaTV yang diperoleh dari identifikasi lingkungan eksternal makro (politik, pemerintah dan hukum, sosial, budaya dan demografi, ekonomi, teknologi), lingkungan industri (tingkat persaingan di dalam industri, ancaman pendatang baru, tekanan produk pengganti, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok) dan lingkungan internal (produksi dan operasional, pemasaran, sumber daya manusia dan manajemen) yang teridentifikasi sebagai menjadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan bagi FaTV. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara secara tidak terstruktur kepada empat responden yang diwawancarai yaitu general manager FaTV, manajer program Padang TV dan manager teknik Minang TV. Analisis data menggunakan analisis EFE, IFE, TOWS, IE, dan QSPM. Dari hasil analisis, menunjukkan bahwa stasiun tv lokal FaTV sebaiknya melakukan strategi pengembangan produk, penetrasi pasar secara maksimal, dan selanjutnya diikuti oleh pengembangan pasar. Strategi pengembangan produk dengan cara membuat program yang lebih tersegmentasi, membuat website perusahaan, strategi penetrasi pasar dengan melakukan promosi langsung, pemberian diskon untuk klien loyal, selanjutnya strategi pengembangan pasar dengan melakukan kerjasama berjaringan dengan stasiun tv swasta/lokal lain dan lembaga independen. Penelitian ini memberikan implikasi pada stasiun lokal FaTV untuk dapat lebih memperhatikan faktor intern dan ekstern serta membangun keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 May 2011 08:00
Last Modified: 07 Oct 2011 07:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item View Item