Repository Universitas Andalas

ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS USAHA PETERNAKAN ITIK RAKYAT DI KELURAHAN TANAH GARAM KECAMATAN LUBUAK SIKARAH KOTA SOLOK

Yulanda, Veni Sri (2008) ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS USAHA PETERNAKAN ITIK RAKYAT DI KELURAHAN TANAH GARAM KECAMATAN LUBUAK SIKARAH KOTA SOLOK. Other thesis, Fakultas Peternakan..

[img]
Preview
PDF (ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS USAHA PETERNAKAN ITIK RAKYAT DI KELURAHAN TANAH GARAM KECAMATAN LUBUAK SIKARAH KOTA SOLOK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (571Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Lubuak Sikarah Kota Solok pada tanggal 16 Agustus sampai tanggal 16 September 2010 dengan tujuan untuk : (1). Mengetahui penerapan aspek teknis usaha ternak itik, (2). Mengetahui biaya dan penerimaan usaha serta keuntungan usaha ternak itik. Metode yang digunakan adalalah metode suft'ey dan pengambilan responden diambil dengan menggunakan metode claster random sampling- Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari pengamatan langsung dan wawancara, sedangkan data sekunder bersumber dari instansi pemerintah yang terkait dengan penelitian ini dan melalui Studi Kepustakaan. Analisa data yang digunakan yaitu kondisi aspek teknis dianalisa secara deskriptif kualitatif, sedangkan pendapatan diperoleh analisa secara deskriptif kuantitatif. Variabel yang diamati adalah penerapan aspek teknis, penerapan aspek ekonomis. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kondisi aspek teknis peternakan itik rakyat di Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Lubuak Sikarah Kota Solok masih rendah. Selanjutnya dari sisi biaya didapatkan bahwa biaya produksi sebesar Rp 132.225.000/siklus produksi dan penerimaan secara keseluruhan Rp 188.870.940/satu siklus produksi dari hasil tersebut didapatkan pendapatan bersih Rp 56.615.94A satu kali produksi atau dengan R/C ratio dari masing-masing skala usaha yaitu untuk strata I didapat RIC Ratio 0,21, untuk strata II didapat R/C Ratio 1.09 dan untuk strataIII didapat R/C 1,18. Hal inijugamenunjukkan bahwausaha temak itik di Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Lubuak Sikarah Kota Solck pada strata II dan strata III menguntungkan, karena R/C ratio >1 maka usaha ini layak untuk diteruskan sedangkan untuk strata I tidak layak untuk di teruskan karna usaha mengalami kerugian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 26 May 2011 07:58
Last Modified: 12 Oct 2011 04:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item View Item