Repository Universitas Andalas

Pelaksanaan Pembayaran Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja Oleh PT. Jamsostek (Persero) Cabang Sumatera Barat

Pribadi, Adriyan (2008) Pelaksanaan Pembayaran Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja Oleh PT. Jamsostek (Persero) Cabang Sumatera Barat. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Pelaksanaan Pembayaran Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja Oleh PT. Jamsostek (Persero) Cabang Sumatera Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (582Kb) | Preview

Abstract

Jaminan sosial kerja sebagai suatu bentuk asuransi wajib, diselenggarakan dalam bentuk program yang menekankan pada perlindungan terhadap tenaga kerja yang mempunyai kedudukan yang lemah. Kecelakaan kerja merupakan salah satu resiko yang bisa menmpa setiap tenaga kerja. Oleh karena itu pengusaha memikul tanggung jawab utama, dan secara moral pengusaha mempunyai kewajiban untuk meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerja. Untuk menghindari kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan kerja tersebut dibutuhkan perlindungan berupa jaminan kecelakaan kerja, yaitu suatu perlindungan bagi tenaga kerja dalam bentuk santunan berupa uang sebagai pengganti sebagian dari penghasilan yang hilang atau berkurang dan pelayanan sebagai akibat kecelakaan kerja. Program ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 3 Tahun 1992 tentang jaminan sosial Tenaga Kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 May 2011 14:35
Last Modified: 10 Oct 2011 04:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13776

Actions (login required)

View Item View Item