Repository Universitas Andalas

PENGARUH AMPAS SARI KEDELAI FERMENTASI DENGAN Rhizopus oligosporas SEBAGAI PENGGANTI PROTEIN BUNGKIL KEDELAI DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA BROILER.

Adeka, Vely Ashari (2008) PENGARUH AMPAS SARI KEDELAI FERMENTASI DENGAN Rhizopus oligosporas SEBAGAI PENGGANTI PROTEIN BUNGKIL KEDELAI DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA BROILER. Other thesis, Fakultas Peternakan..

[img]
Preview
PDF (PENGARUH AMPAS SARI KEDELAI FERMENTASI DENGAN Rhizopus oligosporas SEBAGAI PENGGANTI PROTEIN BUNGKIL KEDELAI DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA BROILER.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (524Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ampas Sari Kedelai Fermentasi (ASKF) dengan Rhizopus oligosporus sebagai pengganti protein bungkil kedelai dalam ransum terhadap performa ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam broiler strain Arbor Arcess CP 707 campuran jantan dan betina umur 4 hari. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), 5 perlakuan rilsum dengan 4 ulangan- Perlakuan A (0% ASKF pengganti protein bungkil kedelai), B (25% ASKF pengganti protein bungkil kedelai), C (50% ASKF pengganti protein bungkil kedelai), D (75% ASKF pengganti protein bungkil kedelai) dan E (100% ASKF pengganti protein bungkil kedelai). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil analisis rugam menunjukkan bahwa pemakaian Ampas Sari Kedelai Fermentasi (ASKF) dengan Rhizopus oligosporus sebagai penggati protein bungkil kedelai dalam ransum memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap konsumsi ransum, tetapi berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ampas sari kedelai fermentasi (ASKF) dengan Rhizopus oligosporus dapat digunakan sampai level 17,4% atau 75% pengganti protein bungkil kedelai di dalam ransum ayam broiler. Hal ini dilihat dari konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum yang sama dengan ransum kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 26 May 2011 07:52
Last Modified: 05 Oct 2011 03:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item