Repository Universitas Andalas

TANGGUNG JAWAB PENERBIT ATAS PENYEDIAAN DANA DALAM PENERBITAN SURAT CEK PADA BANK NAGARI BPD SUMATERA BARAT

Dasril, Neny (2008) TANGGUNG JAWAB PENERBIT ATAS PENYEDIAAN DANA DALAM PENERBITAN SURAT CEK PADA BANK NAGARI BPD SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (TANGGUNG JAWAB PENERBIT ATAS PENYEDIAAN DANA DALAM PENERBITAN SURAT CEK PADA BANK NAGARI BPD SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (617Kb) | Preview

Abstract

Cek merupakan salah satu jenis surat berharga disamping wesel, surat sanggup, kwitansi dan promes atas tunjuk. Cek diatur dalam Buku Kesatu Bab Ketujuh Bagian 1 - X, pasal 178-229 d KUHD. Adapun yang menjadi objek dari lahirnya suatu cek adalah penerbit, pemegang dan tersangkut (bank). Di dalam peredaran suatu surat cek maka yang boleh menjadi tersangkut hanyalah Bank. Hal ini dapat dilihat pada pasal 180 KUHD. Menurut ketentuan pasal tersebut untuk menjadi tersangkut dari surat cek adalah seorang bankir dan mempunyai dana untuk digunakan oleh penerbit. Adapun yang menjadi permasalahan yang dibahas dalam penyediaan dana dalam penerbitan surat cek adalah apa yang menjadi hak dan kewajiban para pihak terhadap pelaksanaan penyediaan dana dalam penerbitan surat cek, tindakan apa yang diambil oleh pihak Bank Nagari BPD Sumatera Barat sehubungan dengan penerbitan surat cek bila dana tidak ada atau dana tidak mencukupi, apa kendala-kendala yang timbul dalam penyediaan dana yang terjadi pada penerbitan cek Bank Nagari BPD Sumatera Barat dan usaha-usaha apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 29 May 2011 23:40
Last Modified: 03 Oct 2011 07:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13899

Actions (login required)

View Item View Item