Repository Universitas Andalas

Pengukuran Risk-Based Capital Untuk Risiko Operasional Bank Umum di Indonesia Sesuai Basel II Capital Accord

Octaviani, Sri (2008) Pengukuran Risk-Based Capital Untuk Risiko Operasional Bank Umum di Indonesia Sesuai Basel II Capital Accord. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Pengukuran Risk-Based Capital Untuk Risiko Operasional Bank Umum di Indonesia Sesuai Basel II Capital Accord) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327Kb) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui berapa risk based capital untuk risiko operasional yang harus disisihkan untuk memenuhi Aset Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) bank umum di Indonesia sesuai rekomendasi Basel II Capital Accord. Hasil dari pengukuran tersebut nantinya akan diuji hipotesis untuk menentukan apakah terdapat korelasi yang signifikan antara besar modal yang dimiliki bank dengan Risk Based Capital untuk risiko operasional yang telah dihasilkan. Jumlah populasi yang diteliti yaitu 121 bank umum dan melalui purposive sampling diperoleh 19 bank sampel. Sumber penelitian adalah laporan keuangan bank 2007-2009. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode The Basic Indicator Approach yang direkomendasikan Basel II Capital Accord, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Pearson Product Moment melalui SPSS 15 for windows. Dari hasil penelitian diketahui bank-bank umum di Indonesia belum mengalokasikan modal yang disisihkan untuk risiko operasional sesuai dengan jumlah menurut standar internasional. Dari uji hipotesis terlihat bahwa terdapat korelasi yang signifikan dan bernilai positif sebesar 96,7% antara besar modal yang dimiliki bank dengan besar Risk Based Capital untuk risiko operasional yang harus disisihkan bank. Mengingat metode Basel II Capital Accord yang diterapkan merupakan metode yang paling sederhana, maka penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode lain akan dirasa lebih akurat hasilnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 04:17
Last Modified: 06 Oct 2011 02:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13914

Actions (login required)

View Item View Item