Repository Universitas Andalas

PENERBITAN BILYET GIRO SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN SECARA GIRAL (PEMINDAHBUKUAN) PADA BANK NAGARI CABANG UTAMA PADANG

Kurniawan, Yudi (2008) PENERBITAN BILYET GIRO SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN SECARA GIRAL (PEMINDAHBUKUAN) PADA BANK NAGARI CABANG UTAMA PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PENERBITAN BILYET GIRO SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN SECARA GIRAL (PEMINDAHBUKUAN) PADA BANK NAGARI CABANG UTAMA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (564Kb) | Preview

Abstract

Pembayaran dalam dunia perbankan dewasa ini banyak menggunakan alat bayar giral yaitu pembayaran dengan pemindahbukuan sejumlah uang. Produk alat bayar giral ini berupa cek, wesel, kartu kredit dan bilyet giro. Alat bayar berupa bilyet giro mulai diminati oleh masyarakat karena pembayaran dengan menggunakan bilyet giro lebih praktis dan aman. Pengaturan tentang bilyet giro ini masih diatur dalam Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 28/32/Kep/Dir tanggal 4 Juli 1995 dan belum diatur dalam sebuah peraturan perundang- undangan. Permasalahan yang dibahas yaitu penerbitan bilyet giro, hak dan kewajiban para pihak, alasan menerbitkan bilyet giro dan kendala yang timbul dalam penerbitan bilyet giro. Metode penelitian yuridis sosiologis, tehnik sampling purposive sampling, metode pengumpulan data dengan studi dokumen dan wawancara. Penelitian yang dilakukan menggambarkan kendala yang timbul di Bank Nagari Cabang Utama Padang yaitu terjadinya peralihan bilyet giro, pembatalan bilyet giro dalam tenggang waktu penawaran dan penerbitan bilyet giro kosong. Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang timbul yaitu melakukan pembinaan kepada nasabah, memberikan penjelasan tentang resiko yang timbul dalam peralihan bilyet giro. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan perlunya ketentuan khusus tentang bilyet giro yang diatur dalam sebuah peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 29 May 2011 23:43
Last Modified: 05 Oct 2011 03:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item View Item