Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESELAMATAN KERJA PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA JAMBI TAHUN 2010

Bunawar, Kemas (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESELAMATAN KERJA PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA JAMBI TAHUN 2010. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESELAMATAN KERJA PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA JAMBI TAHUN 2010) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (549Kb) | Preview

Abstract

Keselamatan seseorang agar aman terhindar dari kecelakaan kerja yang mengancam maka perlu adanya peningkatan keselamatan kerja, permasalah umum yang ada di instansi pemadam kebakaran kota Jambi antara lain adalah kelalaian, kecerobohan, tumpulnya efektivitas petugas pemadam kebakaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keselamatan kerja pemadam kebakaran kota Jambi. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional study yang dilakukan di instansi pemadam kebakaran kota Jambi pada bulan Juli sampai dengan November 2010. Populasi berjumlah 80 petugas, dimana seluruh populasi dijadikan sampel (Total Sampling). Data diolah dari data primer dan sekunder, dilakukan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi- square. Hasil penelitian menunjukan bahwa (70,0%) keselamatan kerja petugas dalam kategori aman. (51,2%) umur petugas dengan kategori dewasa. (53,8%) masa kerja petugas dengan kategori lama. (62,5%) sikap petugas dengan kategori sikap positif. (65%) tindakan petugas dengan kategori baik. Terdapat hubungan yang bermakna antara umur, masa kerja, sikap dan tindakan petugas pemadam kebakaran dengan keselamatan kerja dengan nilai p pada semua faktor di bawah 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini perlu adanya training dan simulasi bagi petugas setiap tahun dapat menyeimbangkan antara bimbingan mental dan diklat untuk merubah sikap, serta diklat bagi semua petugas untuk merubah tindakan petugas penggunaan efisiensi waktu istirahat dan waktu kerja dalam rangka mengurangi kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 May 2011 23:48
Last Modified: 03 Oct 2011 07:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13960

Actions (login required)

View Item View Item