Repository Universitas Andalas

PROGRAM STUDI ILMU KBSEHATAN MASYARAKAT PEMINATAN KESEHATAN REPRODUKSI FAKTJLTAS KED OKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Hakim, Elvia (2008) PROGRAM STUDI ILMU KBSEHATAN MASYARAKAT PEMINATAN KESEHATAN REPRODUKSI FAKTJLTAS KED OKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (PROGRAM STUDI ILMU KBSEHATAN MASYARAKAT PEMINATAN KESEHATAN REPRODUKSI FAKTJLTAS KED OKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (600Kb) | Preview

Abstract

Secara umum tindakan seksual adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual, baik dengan lawan jenisnya maupun dengan sesama jenis. Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar 2008, jumlah penderita HIV/AIDS yang tertular bukan dari hubungan seks 153 kasus dari total 3.377 kasus. Penyebab terbesar penularan HIV/AIDS adalah melalui hubungan seks yang tidak aman. Salah satunya adalah akibat banyaknya hubungan seks berganti- ganti pasangan, atau berhubungan seks di usia muda. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Pertiwi 2 Padang Tahun 2010 yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan pendidikan ibu dengan tindakan seks pada remaja. Desain penelitian ini adalah cross sectional study yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2010 dengan jumlah populasi sebanyak 435 orang dan sampel sebanyak 91 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan pengolahan data dengan menggunakan program SPSS melalui komputerisasi. Analisis dengan univariat dan bivariat menggunakan chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (p < 0,05). Hasil penelitian univariat menunjukkan bahwa responden yang mempunyai tingkat pengetahuan tinggi 53,8%, sikap responden yang positif 52,7% dan orang tua yang mempunyai pendidikan tinggi sebanyak 78% serta tindakan yang baik sebanyak 59,3%. Sedangkan hasil bivariat menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan tindakan seks pada remaja serta didapatkan hasil tidak ada hubungan antara pendidikan orang tua dengan tindakan seks pada remaja di SMP pertiwi 2 Padang. Kesimpulan dari penelitian adalah lebih dari separuh responden yang berpengatahuan tinggi, sikap positif dan tindakan yang kurang baik serta sebagian besar ibu mempunyai pendidikan tinggi, diharapkan adanya kegiatan ekstrakurikuler dengan melengkapi fasilitas dan melakukan penyuluhan oleh tenaga kesehatan serta perlu pengawasan pada anak oleh orang tua dan tokoh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 May 2011 23:47
Last Modified: 04 Oct 2011 03:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13964

Actions (login required)

View Item View Item