Repository Universitas Andalas

Analisa Pengaruh Pertumbuhan Sektor Pertanian, Industri, dan Perdagangnn terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia

Devega, Nadya (2008) Analisa Pengaruh Pertumbuhan Sektor Pertanian, Industri, dan Perdagangnn terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Analisa Pengaruh Pertumbuhan Sektor Pertanian, Industri, dan Perdagangnn terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (643Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan seklor pertanian, industri, perdagangan, dan lainnya terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia selama periode tahun 1988-2008. Penelitian ini rnenggunakan teknik analisis Ordinary Least Squares {OLS} dengan mengggnakan data penyerapan tenaga kerja (variabel dependen), dan pertumbuhan sektor perfanian, industri, perdagangan, dan lainnya {variabel independen). Selain ifu, penelitian ini juga menerapkar analisis Oestcriptif d*ngan mendeskripsikan hasil penetitian berdasarkan fenomena yang terjadi terhadap variabel-variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pertumbuhan sektar industri, perdagangan, dan lainnya berpengaruh signifikan dan pasitif terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia sebesar 0,02%, 0,42%, dan 0,03%. Sedangkan pertumbuhan iektor pernanian beqpengaruh signifikan dan negatif terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia sebesar 0,1206. Hal ini disebabkan karena adanya pergeserail struktur ekonomi dari sektor pertanian ke sektor perdagangan khususnya yang bersifat informal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 30 May 2011 13:41
Last Modified: 03 Oct 2011 09:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13998

Actions (login required)

View Item View Item