Repository Universitas Andalas

TANGGUNGJAWAB KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP HASIL AUDIT LAPORAN KEUANGAN PERSEROAN

Gusri, Syukry (2008) TANGGUNGJAWAB KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP HASIL AUDIT LAPORAN KEUANGAN PERSEROAN. Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF ( TANGGUNGJAWAB KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP HASIL AUDIT LAPORAN KEUANGAN PERSEROAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (578Kb) | Preview

Abstract

Dalam perseroan terdapat berbagaimacam pihak yang berkepentingan terhadap perseroan tersebut, diantaranya stakeholder dan manajemen perseroan. Stakeholder khusus pemilik perseroan berkepentingan atas asetnya yang dikelola oleh manajemen dengan melihat hasil kinerja manajemen yang tertuang dalam laporan keuangan perseroan. Sedangkan pihak manajemen berkepentingan untuk memperlihatkan kinerja perusahaan yang baik yang tertuang dalam laporan keuangan. Dalam memperlihatkan kinerja perusahaan yang baik manajemen bisa saja membuat kecurangan dengan merekayasa laporan keuangan perseroan. Untuk itu dibutuhkan pihak penengah yang independen dan professional untuk memeriksa laporan keuangan yang dikeluarkan manajemen perusahaan. Sesuai dengan ketentuan undang-undang akuntan publik diberikan wewenang untuk memeriksa laporan keuangan perseroan. Kewajiban bagi sebuah perusahaan untuk memberikan gambaran yang benar tentang status kesehatan keuangannya, sangat berhubungan dengan konsekuensi hukum dari aktivitas berbisnis (sebagai suatu hubungan hukum). Dimana konsekuensi hukum itu mengharuskan masing- masing pihak yang terikat didalamnya untuk dapat memenuhi setiap kewajiban yang diikatkan kepadanya, tepat seperti yang telah disepakati, termasuk akuntan publik dalam melaksanakan audit dan memberikan pendapatnya atas hasil audit tersebut serta kesepakatan lainnya sesuai dengan perjanjian. Dalam keadaan yang terburuk, kegagalan dalam pemenuhan kewajiban tersebut, baik sebagai akibat dari tindakan wanprestasi (1243 KUHPerdata) ataupun Perbuatan Melawan Hukum (1365 KUH Pedata) yang secara hukum berdasarkan pasal 1131 KuHPerdata, akan memberikan konsekuensi penghukuman bagi pihak yang telah melakukan tindakan wanprestasi ataupun melawan hukum tersebut untuk membayar seluruh kerugian dari pihak-pihak yang dirugikan dengan menggunakan seluruh harta miliknya, tidak saja yang telah ada akan tetapijuga yang akan ada. Dari penjelasan tersebut di atas, terlihat begitu pentingnya keberadaan dari seorang Akuntan Publik sebagai perwakilan dari kepentingan publik dalam suatu aktivitas perekonomian. Sehubungan dengan topik tersebut di atas, Penulis akan mengkonsentrasikan pembahasan pada tanggung jawab kantor akuntan publik terhadap hasil audit atas laporan keuangan perseroan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 30 May 2011 13:41
Last Modified: 04 Oct 2011 03:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item View Item