Repository Universitas Andalas

POLITENESS STRATEGIES IN COMPLIMENT USED BY INSTRUCTORS AT ENGLISH LANGUAGE SCHOOL (ELS) PADANG

SATRIA, RENDRA YUDI (2008) POLITENESS STRATEGIES IN COMPLIMENT USED BY INSTRUCTORS AT ENGLISH LANGUAGE SCHOOL (ELS) PADANG. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (POLITENESS STRATEGIES IN COMPLIMENT USED BY INSTRUCTORS AT ENGLISH LANGUAGE SCHOOL (ELS) PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (432Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas kesantunan berbahasa para instruktur English Language School (ELS) Padang dalam memberikan pujian. Ada tiga poin yang dianalisis (1) menjelaskan tipe-tipe kesantunan yang digunakan oleh pua instnrktur lokal dan native speaker. (2) menjelaskan tipe kesantunanlang muncul secara dominan, dan (3) menjelaskan faktor-faktor yang mempenga*ii para instruktur dalam memilih tipe kesantunan. Data diambil dari percakapan-percakapan para instruktur ELS Padang. Proses pengumpulan datamenggunuliun metode non partisipasi observasi dan menggunakan tJtnit catat (note taking technique) dan teknik rekam (recording technique). Data dianalisis melalui pendekatan pragmatilg dengan rnenggunakan teori Tnliteness strategies yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson (1978) serta,teori konteks SPEAKING oleh Hymes (1972). Dad hasil analisis, penulis menemulcan bahwa para instnrktur ELS Padang menggunakan beberapa tipe shategi kesantunan dalam memberikan pujian yaitu (l) bald on record (2) positive politeness, (3) negative politeness dan (a) off record. Dari ke empat strategi tersebut yang paling dominan adalatr strategi kesantunan positive politeness. Kemudian beberapa faktor yang mempengaruhi pernilihan strategi dalam memberikan pujian yaitu (l) peserta (participant), Q) latar (setting), (3) tujuan (ends) dan (a) norma (nonng. Dari ke empat fhktor tersebut yang paling dominan adalah peserta (porticipant).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 30 May 2011 13:39
Last Modified: 06 Oct 2011 08:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item View Item