SARI, INDAH PURNAMA (2008) A STUDY OF HYPERBOLE IN THE JAKARTA POST. Other thesis, Fakultas Sastra..
|
PDF (A STUDY OF HYPERBOLE IN THE JAKARTA POST)
- Updated Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (296Kb) | Preview |
Abstract
Di dalam skripsi ini penulis membahas penggunaan hiperbola dalam media cetak berupa surat kabar. Dimana melalui bahasa dalam surat kabar, orang-orang mendapatkan informasi mengenai ekonomi, politik, bisnis, sport, dan lainnya. Hiperbol a adalah ucapan (ungkapan, pernyataan) kiasan yang dibesar-besarkan (berlebih-lebihan), dimaksudkan untuk memperoleh efek tertentu, bukan dalam makna yang sebenarnya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian yang dikemukakan oleh Sudaryanto yakni tahap pengumpulan data, analis4 dan penyajian hasil analisa. Data diambil dari surat kabar berbahasa Inggris The Jakarta Post edisi April dan Juli 2A09. Penulis menggunakan teori gaya bahasa yang dikemukakan oleh Perrine. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa penggun aan gaya bahasa hiperbola memainkan peran penting dalam menciptakan berita agar lebih menarik dan menggemparkan. Selain itu, gaya bahasa hiperbola juga terbukli sangat diperlukan dibidang jurnalistik sehingga berita atau informasi yang disampaikan tidak sekedar informasi saja, tetapi jugu mengandung gaya penyampaian yang efektif serta mendapat respon atau perhatian yang lebih besar dari pembaca atau public. Dari analisa data penulis ditemukan 2l buah bentuk hiperbola dengan gambaran maknanya masing-masing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | SSi Resta Yanda |
Date Deposited: | 30 May 2011 13:39 |
Last Modified: | 06 Oct 2011 08:49 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14019 |
Actions (login required)
View Item |