Repository Universitas Andalas

A SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTIC ANALYSIS OF METAFUNCTIONS IN THE JAKARTA POST READER'S FORUM

Putri , Rizky Riani (2010) A SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTIC ANALYSIS OF METAFUNCTIONS IN THE JAKARTA POST READER'S FORUM. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (A SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTIC ANALYSIS OF METAFUNCTIONS IN THE JAKARTA POST READER'S FORUM) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (382Kb) | Preview

Abstract

Peranan motafungsi bahasa dalam teks lssues of the Day dan Comments of Other Issues sebagai bagian dari rubrik Readers' Forum yang dimuat dalam harian The Jakarta Post dianalisis dalam skripsi ini. Tujuan penulisan skripsi ini adalah: (l) mengetahui tipe metafungsi bahasa (ideational, interpersonal, dan textual) dalam teks-teks Readers' Forum dan (2) memaparkan hubungan antara addresser dan addressee berdasarkan metafungsi balrasa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Systemic Functional Linguistics yang dikemukakan oleh M. Halliday (1994). Data diambil dari teks-teks yarLg termuat dalam Readers' Forum (Issues of the Day dan Comment of Other Issues) dalam harian The Jaknrta Post edisi Juni sampai Juli 20IA. Metode menganalisis data adalah metode padan referensial (referential identity method). Teknik yang digunakan adalah non-participant observationol technique. Data dianalisis dengan teori metafungsi bahasa (ideational, interpersonal, dan tekstual) dalam teks readers' forum yang membangun konteks situasi (field, tenor, dan mode) untuk mengetahui karasteristik teks pad a Readers' Forum. Dalam Penelitian ditemukan bahwa teks-teks dalam Readers' Forum memiliki sistem. Sistem ini dilihat dari hubungan antara metafungsi bahasa dan konteks situasi yang saling berkaitan satu sama lain. Pada fungsi ideationol dari 8 teks terdapat 4 teks yang didominasi oleh penggunaan relationol proses yang merujuk pada pengidentifikasian ataupun perujukan terhadap sesuatu di dalam teks. Hal ini memban gun field yang dapat menyebabkan addressee memberikan suatu reaksi terhadap sesuatu yang diidentifikasi atau dirujuk karena dianggap sebagai sesuatu yang memunculkan konflik di dalam teks. Pada fungsi interpersonal, ditemukan bahwa teks Readers' Forum ini didominasi dengan pemilihan kalimat berita (declarative mood), baik dari pihak addresser dan addressee, sebagai bentuk pilihan dalam menyampaikan informasi-informasi terkait dan merespon informasi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 30 May 2011 13:38
Last Modified: 30 May 2011 13:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item View Item