Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) KABUPATEN BUNGO JAMBI TAHUN 2010

Yanti, Pitri (2008) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) KABUPATEN BUNGO JAMBI TAHUN 2010. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) KABUPATEN BUNGO JAMBI TAHUN 2010) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (565Kb) | Preview

Abstract

Anak adalah individu yang unik, karena faktor bawaan dan lingkungan yang berbeda, maka pertumbuhan dan pencapaian kemampuan perkembanganpun berbeda, salah satu kelainan yang diderita oleh anak adalah tunagrahita. Tunagrahita ringan dikatakan kelompok retardasi dapat dididik (educable). Pola asuh orang tua memiliki sumbangan terbesar dalam rangka membantu tunagrahita mencapai penyesuaian yang akurat. Untuk mengetahui keberhasilan SDLB membina tunagrahita ringan salah satunya dengan menetapkan prestasi belajar anak tunagrahita ringan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak tunagrahita ringan di SDLB kabupaten Bungo Jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampel dengan jumlah sampel 35 responden. Penelitian dilaksanakan di SDLB kabupaten Bungo Jambi. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 26 Mei-Juni 2010. Metode pengumpulan data dengan kuisioner dan studi dokumentasi nilai rapor. Analisa data menggunakan statistic Fisher dan Kolmogorof Sminorv. Dari hasil penelitian didapatkan pola asuh paksaan 8,57%, otoriter 40,00%, demokratis 25,71%, penyabar/pemanja 11,42%, penelantar 5,71% dan situasional 8,57%. Secara keseluruhan tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar, dari setiap tipe pola asuh terdapat hubungan antar pola asuh otoriter dengan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 30 May 2011 08:03
Last Modified: 12 Oct 2011 03:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item View Item