Repository Universitas Andalas

PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP MUTU MINUMAN KLOROFIL DAUN KACANG TUJUH JURAI (Phaseolus lunatus L.)

Natalia, Yustinova (2008) PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP MUTU MINUMAN KLOROFIL DAUN KACANG TUJUH JURAI (Phaseolus lunatus L.). Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP MUTU MINUMAN KLOROFIL DAUN KACANG TUJUH JURAI (Phaseolus lunatus L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (593Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul "Pengaruh Jenis dan Konsentrasi Penstabil terhadap Mutu Minuman Klorofil Daun Kacang Tujuh Jurai (Phaseolus lunatus L.) telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas pada bulan Oktober sampai Desember 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan jenis dan konsentrasi penstabil yang cocok untuk minuman dari daun kacang tujuh jurai yang bermutu lebih baik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 2 faktor 3 ulangan. Faktor pertama (A) merupakan jenis penstabil yang terdiri dari 2 taraf yaitu A1 CMC, A2 Agar-agar Swallow, dan faktor kedua (B) yaitu konsentrasi penambahan penstabil yang terdiri dari 4 taraf yaitu B1 0,5%, B2 1%, B3 1,5% dan B4 2%. Hasil dari masing-masing parameter pengamatan dianalisis statistik dengan sidik ragam dan uji lanjutan Duncans New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian ini diperoleh kombinasi perlakuan jenis dan konsentrasi penstabil yang berbeda berpengaruh nyata terhadap kadar serat makanan tapi tidak berpengaruh nyata terhadap total asam, nilai pH dan kadar gula. Dari segi organoleptik, produk pada perlakuan A1B2 (CMC 1%) dapat diterima oleh panelis dengan nilai warna 3,95 (suka), aroma 3,85 (suka) dan rasa 3,55 dengan komposisi kimia: kadar serat makanan 0,0805%, total asam 0,76%, total klorofil 13,221mg/L, nilai pH 4,4, kadar gula 8,57'Brix, dan angka lempeng total 9,1 x 102.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 31 May 2011 22:02
Last Modified: 06 Oct 2011 02:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item