Repository Universitas Andalas

PENGARUH JENIS DAN DOSIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PEMBENTUKAN UMBI MINI KENTANG (Solunum tuberosum L)

JUNITA. , MIKE (2008) PENGARUH JENIS DAN DOSIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PEMBENTUKAN UMBI MINI KENTANG (Solunum tuberosum L). Other thesis, Fakultas Pertanian..

[img]
Preview
PDF (PENGARUH JENIS DAN DOSIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PEMBENTUKAN UMBI MINI KENTANG (Solunum tuberosum L)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (649Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dalam bentuk percobaan tentang *Pengaruh Jenis dan Dosis Pupuk Organik Terhadap Pembentukan Umbi Mini Kentang (Solanum tuberosum L.) telah dilaksanakan di Jorong Pekonina" Kanagarian Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan yang berlangsung sejak bulan Desember 2008 sampai Maret 2009. Tujuan percobaan ini adalah melihat interaksi antara beberapa jenis pupuk organik dengan beberapa dosis pupuk organik terhadap pembentukan umbi mini kentang mendapatkan jenis pupuk organik yang tepat terhadap pembentukan umbi mini kentang serta mendapatkan dosis pupuk organik yang tepat terhadap pembentukan umbi mini kentang. Percobaan ini dilakukan dalam pola Faktorial dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 fhktor dan 3 kelompok. Faktor pertama adalah dosis pupuk kandang (0 gram/tanaman, 80 gram/tanaman, 120 gram/tanaman, 160 gram/tanaman) sebagai faktor A. Faktor kedua adalah perlakuan jenis pupuk (Pupuk kandang kambing, pupuk kandang ayam) sebagai faktor B. Variabel yang diamati dalam percobaan ini adalah umur panen umbi, jumlah umbi tiap tanaman, bobot segar umbi tiap tanaman, bobot brangkasan tanaman, indeks panen serta jumlah umbi berdasarkan bobot buah. Data hasil pengamatan dianalisis ragam dengan uji F dan F hitung perlakuan yang lebih besar dari F tabel 5 % dilanjutkan dengan uji Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata S %. Hasil percobaan menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara beberapa jenis dengan berbagai dosis pupuk organik yang diberikan terhadap bobot segar umbi tiap tanaman dan jumlah umbi dengan bobot < 31-40 gram. Pemberian pupuk kandang ayam dengan dosis 160 gram/tanaman memberikan hasil yang lebih baik pada pembentukan umbi mini kentang. Penggunaan pupuk kandang ayam memperlihatkan hasil yang lebih baik dibandingkan penggunaan pupuk kandang kambing pada dosis yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 31 May 2011 22:02
Last Modified: 04 Oct 2011 04:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item