Repository Universitas Andalas

PENGIKATAN BANGUNAN RUMAH SEBAGAI AGUNAN DALAM PERJANJIAN KREDIT PADA BANK BPD SUMATERA BARAT CABANG PANDANG PANJANG

Mairidha, Dessy (2008) PENGIKATAN BANGUNAN RUMAH SEBAGAI AGUNAN DALAM PERJANJIAN KREDIT PADA BANK BPD SUMATERA BARAT CABANG PANDANG PANJANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PENGIKATAN BANGUNAN RUMAH SEBAGAI AGUNAN DALAM PERJANJIAN KREDIT PADA BANK BPD SUMATERA BARAT CABANG PANDANG PANJANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (570Kb) | Preview

Abstract

Bank Pembangunan Daerah sebagai lembaga keuangan bank memiliki peranan besar bagi pembangunan negara Indonesia. Fasilitas kredit yang diberikan oleh Bank Pembangunan Daerah sangat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam memberikan fasilitas kredit bank akan meminta jaminan kepada debitur, jaminan itu berguna untuk mengurangi resiko dalam pemberian kredit. Bangunan rumah dapat dijadikan jaminan kredit apabila disertai dengan atas haknya. Bangunan saja dapat dijadikan jaminan kredit yang terpisah dari tanahnya seperti bangunan yang berdiri diatas hak pakai atas tanah milik pemerintah dan rumah susun juga dapat dijaminkan terpisah dari tanahnya Permasalahan yang diteliti adalah apa saja kriteria bangunan yang dapat dijadikan agunan dalam perjanjian kredit, bagaimana status hukum bangunan tersebut, prosedur perjanjian kredit dengan pengikatan bangunan rumah serta kendala apa yang ditemui dalam pengikatan bangunan rumah sebagai agunan dalam perjanjian kredit dan bagaimana solusi pemecahannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 31 May 2011 22:23
Last Modified: 05 Oct 2011 07:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14079

Actions (login required)

View Item View Item