Repository Universitas Andalas

CALLIOPE'S SUBLIMATION : A SELF DEFENSE-MECHANISM IN COPING WITH HERMAPHRODITE IN JEFFREY EUGINIDES' MIDDLESEX

Stevani, Nana (2008) CALLIOPE'S SUBLIMATION : A SELF DEFENSE-MECHANISM IN COPING WITH HERMAPHRODITE IN JEFFREY EUGINIDES' MIDDLESEX. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (CALLIOPE'S SUBLIMATION : A SELF DEFENSE-MECHANISM IN COPING WITH HERMAPHRODITE IN JEFFREY EUGINIDES' MIDDLESEX) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3564Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pertukaran kepribadian tokoh utama dalam novel yang ditulis oleh Jefrey Eugynides yang berjudul Middlesex. Perubahan karakter tersebut berlangsung dengan melewati beberapa tahapan kepribadian. Akhirnya tokoh utama mendapat kepribadian sebagaimana yang diharapkan sesuai dengan keinginannya dalam kondisi hermaphrodite. Sehubungan dengan analisa karakter, maka skripsi ini tepat sekali dibahas melalui analisa psikologi. Di dalam penulisan skripsi ini, penulis mengunakan teori "human psychic zone" (teori kepribadian manusia) dengan konsep analisa berkaitan dengan ketidaksadaran. Selain itu, penulis juga menggunakan salah satunya teori self defense mechanism yaitu sublimasi. Kedua teori tersebut disampaikan oleh Sigmund Freud. Dalam menganalisa novel ini, penulis menggunakan metode kepustakaan untuk mengumpulkan data, selanjutnya penulis menganalisa data tersebut dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil akhir dari kedua metode di atas dijabarkan dengan metode deskriptif. Setelah menganalisa novel ini, penulis menyimpulkan bahwa dalam mendapatkan perubahan kepribadiannya, karakter utama harus melewati beberapa tahapan. Dalam setiap tahapan tersebut, aspek-aspek kepribadian yang terdiri dari id (keinginan instingtual), superego (norma sosial) dan juga ego (interaksi dengan lingkungannya) memainkan peranan penting. Selanjutnya pertahanan diri juga dilakukan tokoh utama sebagai perwujudan dari ego dalam menghadapi konflik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa di akhir cerita, tokoh utama berhasil melewati tahapan perubahan sehingga dia akhirnya memilih kepribadian sesuai dengan keinginannya dalam hermaphrodite.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 31 May 2011 22:38
Last Modified: 10 Oct 2011 08:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item View Item