Repository Universitas Andalas

AN ANALYSIS OF CONNOTATIVE MEANING OF KEYWORD IN THE SCRIPT OF BARRACK OBAMA'S RACE SPEECH

Astriani, Resty (2008) AN ANALYSIS OF CONNOTATIVE MEANING OF KEYWORD IN THE SCRIPT OF BARRACK OBAMA'S RACE SPEECH. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (AN ANALYSIS OF CONNOTATIVE MEANING OF KEYWORD IN THE SCRIPT OF BARRACK OBAMA'S RACE SPEECH) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (600Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas tentang kata kunci (keyword) yang terdapat pada pidato Barrack Obama yang berkenaan dengan ras. Kata kunci memiliki batasan-batasan yaitu mengindikasikan suatu bentuk pikiran maupun aktivitas, membangkitkan semangat, menciptakan atau menjungkir balikan pendapat/kepercayaan umum, mempengaruhi emosional pembaca/pendengar dan mempunyai frekuensi kemunculan yang cukup tinggi. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengidentifikasi pesan-pesan Barrack Obama yang disampaikan melalui makna konotatif (connotative meaning) dari tiap-tiap kata kunci. Analisis ini dilakukan melalui tinjauan ilmu penandaan dalam suatu wacana (semiotics in discourse). Selanjutnya penelitian ini menggunakan teori kata kunci oleh Raymond Williams (1983) dan teori makna konotatif oleh Roland Barthes (1975). Hubungan antara kata kunci dan makna konotatif dijabarkan melalui tahapan signifikasi (signification order). Kata kunci yang ada dikaitkan dengan tanda (sign) yang terikat dengan konteks sehingga dapat diketahui pesan dari Barrack Obama yang diinterpretasikan melalui dua tahapan signifikasi, yaitu signifikasi denotatif dan signifikasi konotatif. Penelitian membuktikan bahwa Barack Obama menggunakan metode penandaan konotatif dalam menyampaikan pesan, motivasi dan pandangannya. Setiap kata kunci memiiiki pesan-pesan moral, protes, penggerak semangat semua golongan ras, baik kulit putih maupun kulit berwarna, penolakan terhadap ketidakadilan dan diskriminasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 31 May 2011 23:32
Last Modified: 06 Oct 2011 03:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item