Repository Universitas Andalas

EKSPRESI SEKS BUNGA KETAPING (Terminalia catappa L.) PADA BEBERAPA LOKASI TUMBUH DI KOTA PADANG

Safitri, Nadia (2008) EKSPRESI SEKS BUNGA KETAPING (Terminalia catappa L.) PADA BEBERAPA LOKASI TUMBUH DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (EKSPRESI SEKS BUNGA KETAPING (Terminalia catappa L.) PADA BEBERAPA LOKASI TUMBUH DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (560Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang ekspresi seks bunga ketaping (Terminalia catappa L) pada beberapa lokasi tumbuh dan hubungan diameter batang terhadap proporsi bunga hermaprodit di kota Padang. Penelitian dilaksanakan dari bulan April sampai Agustus 2010 di kota Padang dan dilanjutkan di Laboratorium Struktur Perkembangan Tumbuhan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi tanaman langsung ke lapangan. Ekspresi seks bunga dilakukan dengan metode deskriptif yaitu dengan menghitung rasio seks bunga jantan, betina dan hermaprodit dalam satu tanaman. Pengaruh lokasi tumbuh terhadap proporsi bunga hermaprodit dianalisis dengan menggunakan uji t sedangkan hubungan diameter batang terhadap proporsi bunga hermaprodit dianalisis dengan regresi dan korelasi. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu terdapat perbedaan ekspresi seks bunga dimana pada daerah pantai Padang individu lebih memunculkan ekspresi seks bunga kearah jantan (79,20+5,48) dibandingkan Limau Manis (71,47+1,51) sedangkan bunga hermaprodit lebih banyak ditemui di daerah Limau Manis (18,55+1,51) dibandingkan daerah panatai Padang (10,79+5,48). Terjadi hubungan korelasi negatif antara diameter batang terhadap proporsi bunga hermaprodit yaitu semakin besar diameter batang semakin kecil proporsi bunga hermaprodit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QK Botany
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 Jun 2011 23:27
Last Modified: 07 Oct 2011 03:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14228

Actions (login required)

View Item View Item