Repository Universitas Andalas

PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH ANAK YANG MENGAKIBATKAN TERJADINYA KECELAKAAN DI KOTA PADANG (Studi Kasus di Pengadilan Negei Padang)

Rinaldo, Fadli (2008) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH ANAK YANG MENGAKIBATKAN TERJADINYA KECELAKAAN DI KOTA PADANG (Studi Kasus di Pengadilan Negei Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH ANAK YANG MENGAKIBATKAN TERJADINYA KECELAKAAN DI KOTA PADANG (Studi Kasus di Pengadilan Negei Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (560Kb) | Preview

Abstract

Kita ketahui bahWa masalah lalu lintas tetap menjadi bahan perbincangan yang aktual dan mendapat perhatian yang serius dari berbagai kalangan. Tewujud dari kalangan hukum pada khususnya. Kasus kecelakaan terbanyak dialami oleh pengendara roda dua. Pengaturan lalu lintas terasa sangat memprihatinkan, hal ini ditandai dengan meningkatnya tingkat pelanggaran lalu lintas telah menimbulkan korban yang sangat besar dalam peradaban manusia baik korban jiwa maupun korban harta benda. Kota Padang adalah salah satu kota besar yang memiliki data jumlah kecelakaan terbesar di Sumatera Barat. Dalam menggunakan jalan raya penggrrna harus dapat mematuhi peraturan pemndang-undangan lalu lintas yang telah ada agar tidak terjadi kecelakaan khususnya yang disebabkan oleh anak-anak di bawah umur yang kurang mendapat pengawasan dari orang tuanya. Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak menimbulkan masalah yaitu bagaimana pertanggungiawabab pidana terhadap pelanggaran lalu lintas oleh anak yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan di Kota Padang, bagaimanakah penerapan sanksi pidana terhadap pelanggaran lalu lintas di Kota Padang, dan apa kendala-kendala yang menyebabkan kecilnya tingkat pemeriksaan perkara pelanggaran lalu lintas oleh anak di Pengadilan Negeri Padang..Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian hukum sosiologis untuk rnemp�roleh data di lapangan. Adapun hasil dari pembahasan skripsi ini adalah tingkat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Padang khususnya yang dilakukan oleh anak meningkat.Peebuatan seorang anak dalam melakukan pelanggaran lalu lintas akan dipertanggungiawabkannya baik itu pada tingkat pemeriksaan di Kepolisian maupun pada tingkat Pengadilan Negeri. Penerapan sanksi pidana bagi si anak jugu bermacam'macam sesuai dengan tindak pidana yang dilakukannya. Dalam menjatuhkan vonis hakim juga mempertimbangkan berbagai hal yang akan meringankan si anak sebagai pelaku tindak pidana karena anak juga memiliki hak untuk melanjutkan masa depannya seperti anak-anak yang lainnya dengan normal setelah habis masa hukumannya. Masalah pemeriksaan yang terjadi di lapangan sering mengalami kendala-kendala yaitu rendahnya tingkat pemeriksaan perkara pelanggaran lalu lintas oleh anak di pengadilan negeri Kota Padang yang disebabkan banyaknya kasus pelanggaran lalu lintas yang dapat diselesaikan pada tingkat kepolisian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 01 Jun 2011 11:12
Last Modified: 11 Oct 2011 08:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item