Repository Universitas Andalas

PERTIMBANGAN HUKUM DALAM MENERAPKAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU ALIRAN AL-QIYADAH AL-ISLAMIYAH DI KOTA PADANG (studi Kasus pada Pengadilan Negeri Klas 1A padang)

Purwati, Indah (2008) PERTIMBANGAN HUKUM DALAM MENERAPKAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU ALIRAN AL-QIYADAH AL-ISLAMIYAH DI KOTA PADANG (studi Kasus pada Pengadilan Negeri Klas 1A padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERTIMBANGAN HUKUM DALAM MENERAPKAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU ALIRAN AL-QIYADAH AL-ISLAMIYAH DI KOTA PADANG (studi Kasus pada Pengadilan Negeri Klas 1A padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (553Kb) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan Negara demokrasi yang memberikan perlindungan terhadap hak dan kebebasan bagi warga negarrrnya untuk menjalankan dan menganut suatu agama. Namun yang terjadi adalah banyaknya aliran keagamaan yang kemudian lahir dengan berbagai penyimpangan salah satunya adalah Al-Qiyadah Al-Islamiyah, sehingga menimbulkan keresahan dalam kehidupan masyarakat selain itu juga ada yang berujung ke Pengadilan. penulis tertarik meneliti bagaimana pertimbangan hukum di Pengaditan dalam penerapan sanksi pidana terhadap pelaku aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah dengan meneliti di Pengadilan Negeri Klas lA padang. dalam penulisan skrlpsi ini, penulis merumuskan 3 (tiga) permasalahan yakni bentuk penyimpangan yang dilakukan aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah, singsi pidana yang dikenakan bagi pelaku aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah, dan pertimbangan hukum dalam menjatuhkan sangsi pidana. terhadap pelaku aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis sosiologis dengan melihat penerapan ketentuan hukum dalam kehidupan masyarakat. Kejahatan/delik terhadap agamadiatur dalam BAB ke-V dari buku ke-II KUHP yakni pasal l56a KUHP dan Undang-undang Darurat Nomor 1 PNPS Tahun 1965 tentang pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Ancaman pidana bagi pelaku penistaan terhadap agama dipidana dengan pidana penjara maksimal 5 (limai tahun. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dengan cara wawancara studi dokumen serta studi pustaka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 01 Jun 2011 11:11
Last Modified: 04 Oct 2011 03:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item