Repository Universitas Andalas

PENGUKURAN KONSENTRASI RADIONUKLIDA DALAM PRODUK PASIR DARI BEBERAPA TEMPAT DENGAN KETINGGIAN BERBEDA DI DAERAH JAMBI

Purnama, Elfina (2008) PENGUKURAN KONSENTRASI RADIONUKLIDA DALAM PRODUK PASIR DARI BEBERAPA TEMPAT DENGAN KETINGGIAN BERBEDA DI DAERAH JAMBI. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGUKURAN KONSENTRASI RADIONUKLIDA DALAM PRODUK PASIR DARI BEBERAPA TEMPAT DENGAN KETINGGIAN BERBEDA DI DAERAH JAMBI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (592Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan pengukuran konsentrasi radionuklida dalam produk pasir yang berasal dari beberapa tempat penambangan pasir di daerah Jambi. Sampel diambil dari enam lokasi dengan ketinggian yang berbeda dari yang tinggi sampai yang rendah, yaitu Gunung Kerinci, Siulak Deras, Danau Kerinci, Sungai Tembesi, Sungai Tanjung dan Sungai Rasau. Pengukuran konsentrasi radionuklida dilakukan dengan menggunakan metode spektroskopi sinar gamma. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa konsentrasi U-238, Th-232 dan K-40 tertinggi berturut turut adalah 20,00 Bq/kg dari penambangan Danau Kerinci, 27,76 Bq/kg dan 477,68 Bq/kg dari penambangan Siulak Deras dan konsentrasi rata-rata U- 238, Th-232 dan K-40 berturut-turut adalah 15,14 Bq/kg, 18,74 Bq/kg dan 291,57 Bq/kg. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai-nilai konsentrasi radionuklida pasir tidak dipengaruhi oleh ketinggian, diduga karena pengaruh kandungan mineral di dalamnya dan proses pembentukannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Fisika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Fisika
Fakultas MIPA > Fisika
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 Jun 2011 11:11
Last Modified: 10 Oct 2011 06:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item