Repository Universitas Andalas

AKTIVITAS MINYAK ATSIRI DAUN Etlingera megalocheilos SEBAGAI PESTISIDA HAYATI TERHADAP Drosophila melanogaster

Desfita, Desfita (2008) AKTIVITAS MINYAK ATSIRI DAUN Etlingera megalocheilos SEBAGAI PESTISIDA HAYATI TERHADAP Drosophila melanogaster. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (AKTIVITAS MINYAK ATSIRI DAUN Etiingera megalocheilos SEBAGAI PESTISIDA HAYATI TERHADAP Drosophila melanogaster) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (607Kb) | Preview

Abstract

Penggunaan pestisida barbahan dasar kimia telah menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap lingkungan dan manusia. Maka dari itu, penelitian ini menggali potensi pestisida hayati pada tanaman jahe-jahean daun Etlingera megalocheilos yang tumbuh di Cagar Alam Lembah Anai. Prosesnya diawali dengan distilasi uap, lalu minyak atsiri yang diperoleh diuji bioaktivitasnya terhadap lalat Drosophila melanogaster dengan uji mortalitas (kematian), antifeedant (anti makan), dan repelant (menolak). Pengujian dilakukan dengan konsentrasi 0, 1, 5, 10 dan 20 % yang dilakukan secara duplo selama 5 hari. Uji mortalitas menunjukkan kematian terbanyak pada 10 ppm dihari ke-5 dengan LC50=10% dan regresinya y=13,33x-10,66 dan pada perhitungan antifeedant dan repellant mencapai 99,4% dan 83,34%. Berdasarkan hasil GC MS, senyawa dominannya adalah sandaracopimaradiene 23,41% yang berperan sebagai anti mikroba dan senyawa yang berperan sebagai pestisidanya adalah benzene, 1,3,5-tris(3-methyl-3-butenyl) 3,34%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa sampel minyak atsiri yang berasal dari daun Etlingera megalocheilos berpotensi untuk digunakan sebagai biopestisida.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Jun 2011 23:44
Last Modified: 03 Oct 2011 09:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14274

Actions (login required)

View Item View Item