Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUANG DENGAN SISTEM KOMUNIKASI SERIAL BERBASISKAN LAYANAN SMS GSM DAN MIKROKONTROLLER

Dores, Susrial Adi (2008) RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUANG DENGAN SISTEM KOMUNIKASI SERIAL BERBASISKAN LAYANAN SMS GSM DAN MIKROKONTROLLER. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUANG DENGAN SISTEM KOMUNIKASI SERIAL BERBASISKAN LAYANAN SMS GSM DAN MIKROKONTROLLER) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (440Kb) | Preview

Abstract

Layanan SMS (Short Message Service) sangat populer dan sering dipakai oleh pengguna handphone. SMS menyediakan pengiriman pesan teks secara cepat, mudah, murah dan tanpa batas. Pada umumnya SMS digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun, pada tugas akhir ini layanan tersebut dipakai untuk pengontrolan sebuah pintu dan lampu berbasiskan mikrokontroller. Pengontrolannya berupa buka tutup, mematikan lampu dan menghidupkan lampu. Pesan yang bisa diproses adalah "cek status, buka pintu, tutup pintu, Lampu1 on, Lampu1 off, Lampu2 on dan Lampu2 off. Pesan ini dikirim ke handphone penerima dan pintu atau lampu akan dikontrol sesuai perintah, selanjutnya mikrokontroller akan mengirimkan SMS laporan status keadaan ruangan ke handphone user. Data yang dikirim atau data yang diterima adalah bilangan ASCII dalam bentuk data PDU dengan menggunakan perintah AT- command sebagai hubungan antara handphone dengan mikrokontroller.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Jun 2011 23:44
Last Modified: 04 Oct 2011 02:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item