Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN SENSOR JARAK SEBAGAI USAHA PREVENTIF UNTUK MENGHINDARI TABRAKAN PADA SAAT BERJALAN BAGI TUNANETRA

Petra, Mario (2008) PERANCANGAN SENSOR JARAK SEBAGAI USAHA PREVENTIF UNTUK MENGHINDARI TABRAKAN PADA SAAT BERJALAN BAGI TUNANETRA. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN SENSOR JARAK SEBAGAI USAHA PREVENTIF UNTUK MENGHINDARI TABRAKAN PADA SAAT BERJALAN BAGI TUNANETRA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (448Kb) | Preview

Abstract

Dengan menggunakan sensor ultrasonik pada alat bantu berjalan pada tuna netra ini, kita dapat mengetahui jarak saat ini terhadap benda dengan menggunakan microcontroller. Alat pengukur jarak ini menggunakan sensor ultrasonic sehingga dapat menggantikan alat ukur analog. Dimana sensor ultrasonic ini memanfaatkan sifat gelombang suara. Sifat dari gelombang suara ini adalah memantul apabila mengenai benda penghalang. Alat pengukur jarak ultrasonik digital ini bekerja pada frekuensi 40 kHz, dengan menggunakan sensor ultrasonik PING. Prinsip kerja dari alat ini adalah menghitung selang waktu antara saat pulsa ultrasonic dipancarkan dan saat pulsa ultrasonic diterima. Selang waktu ini merupakan sebuah data yang akan diolah oleh microcontroller untuk dijadikan suatu besaran jarak dalam satuan centimeter. Alat bantu berjalan bagi tuna netra ini, berbasis microcontroller Atmega 8535L yang dapat menampilkan hasil pengukuran pada LCD dalam bentuk data jarak, waktu pantul dan besarnya PWM yang dieksekusi. Alat yang dirancang ini dapat menjangkau jarak pengukuran sampai dengan 300 cm dengan jarak minimal pengukuran 3 cm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Jun 2011 23:44
Last Modified: 10 Oct 2011 02:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14308

Actions (login required)

View Item View Item