Repository Universitas Andalas

PENILAIAN ANGGOTA KELOMPOK TERHADAP PERAN KETUA KELOMPOK TANI (Studi Kasus Kelompok Tani Tunas Harapan di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kota padang)

Persanakusumah, Boby Akmal (2008) PENILAIAN ANGGOTA KELOMPOK TERHADAP PERAN KETUA KELOMPOK TANI (Studi Kasus Kelompok Tani Tunas Harapan di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kota padang). Other thesis, Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENILAIAN ANGGOTA KELOMPOK TERHADAP PERAN KETUA KELOMPOK TANI (Studi Kasus Kelompok Tani Tunas Harapan di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kota padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (631Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Penilaian Anggota Kelompok Terhadap Peran Ketua Kelompok tani di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang, telah dilaksanakan dari tanggal 1 Desember 2009 sampai dengan 31 Januari 2010. Metode penelitian adalah studi kasus. Teknik pengambilan responden dilakukan secara sensus, yaitu seluruh anggota Kelompok Tani Tunas Harapan langsung dijadikan responden. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan kelompok tani dan menganalisis penilaian anggota kelompok terhadap peran ketua kelompok tani. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan kegiatan yang dilakukan Kelompok Tani Tunas Harapan tahun 2005-2010 meliputi pengadaan sarana produksi padi (Saprodi) dan usaha pelayanan jasa alat dan mesin pertanian (tlPJA). Kemudian penilaian anggota kelompok terhadap peran ketua dalam menjadikan kelompok tani sebagai sarzrna belajar-mengajar persentase rata-rata yang menyatakan berperan yaifu sebesar 74,78 % dan persentase rata-rata yang menyatakan tidak beperan yaitu sebesar 25,22 %. Penilaian anggota kelompok terhadap peran ketua dalam menjadikan kelompok tani sebagai wahana kerjasama, persentase rata-rata yang menyatakan berperan yaitu sebesar 69,56% dan persentase rata-rata yang menyatakan tidak berperan yaitu sebesar 30,44Yo. Penilaian anggota kelompok terhadap peran ketua dalam menjadikan kelompok tani sebagai unit produksi, persentase rata-rata yang menyatakan ketua berperan yaitu sebesar 61,96%, dan persentase rataqata yang menyatakan tidak berperan yaitu sebesar 38,04% Dari hasil penelitian tersebut dapat disarankan agar ketua meningkatkan lagi perarmya dalam menjadikan kelompok tani sebagai sarana mengambil keputusan menenfukan pola usaha tani.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:06
Last Modified: 07 Oct 2011 03:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

View Item View Item