Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK SIMULASI PENGONTROLAN TEMPERATURE PREHEATER MENGGUNAKAN DISTRIBUTED CONTROL SYSTEM (DCS)

Yusman, Utari (2008) RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK SIMULASI PENGONTROLAN TEMPERATURE PREHEATER MENGGUNAKAN DISTRIBUTED CONTROL SYSTEM (DCS). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK SIMULASI PENGONTROLAN TEMPERATURE PREHEATER MENGGUNAKAN DISTRIBUTED CONTROL SYSTEM (DCS)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (413Kb) | Preview

Abstract

Dalam proses pembuatan semen, proses utama berada pada tahapan preheater dan precalciner yang terjadi pada rotary kiln, sehingga akan dihasilkan klinker yaitu bongkahan-bongkahan semen yang telah mengalami pembakaran dan selanjutnya akan melalui tahapan grinding sehingga akan menjadi butiran-butiran semen yang halus. Untuk pengendalian temperature preheater tersebut digunakan PID controler, sehingga sistem dapat memberikan reaksi sesuai dengan aksi yang diterimanya dan menyebabkan sistem dapat berjalan dengan stabil. Untuk menentukan nilai PID digunakan metoda ultimate sensitivity pada Ziegler Nichols karakteristik loop tertutup. Metoda ini hanya menggunakan pengendali P (propotional band) dan gain, sehingga respon proses tepat berosilasi dengan amplitude tetap (sustain oscillation). Dari metoda yang digunakan didapatkan nilai P, I dan D yang menyebabkan sistem stabil tersebut yaitu, P=153, Ti=0.6 dan Td=0,1. Bila process value tidak mencapai nilai setting point, maka reaksi akan terus dilakukan untuk mengontrol manipulated variable berdasarkan kecepatan tertentu sehingga sistem tetap stabil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:06
Last Modified: 12 Oct 2011 02:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item View Item