Repository Universitas Andalas

ANALISIS USAHA DAN BAURAN PEMASARAN USAHA KECIL DODOL ANDRI JAYA DI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

Febrianti, Eka (2008) ANALISIS USAHA DAN BAURAN PEMASARAN USAHA KECIL DODOL ANDRI JAYA DI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU. Other thesis, Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS USAHA DAN BAURAN PEMASARAN USAHA KECIL DODOL ANDRI JAYA DI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (664Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul "Analisis Usaha dan Bauran Pemasaran Usaha Kecil Dodol Andri Jaya di Kabupaten Kampar Provinsi Riau" ini telah dilaksanakan selama dua bulan mulai bulan Februari sampai dengan Maret 2009. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil usaha, menganalisis keuntungan, titik impas dan menganalisis bauran pemasaran usaha Andri Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana pihak Usaha Andri Jaya dijadikan sebagai sumber data primer. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Dinas Pertanian Kabupaten Kampar, dan Biro Pusat Statistik Kabupaten Kampar. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif rJan kualitatif. Analisis kuantitatif rligunakan untuk rnenganalisis keuntungan dan titik impas usaha, sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis bauran pemasaran dan profil usaha. Latar belakang pendidikan dan dukungan keluarga merupakan motivasi jiwa wirausaha pengusaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode Januari 2008 sampai Desember 2008 usaha Andri Jaya telah memperoleh keuntungan dari kedua produk yang dihasilkan yaitu dodol pulut dan dodol nangka sebesar Rp.142.506.788,1,-. Produk dodol nangka memberikan keuntungan yang lebih besar bagi pihak usaha. Usaha ini mengalami impas pada saat penjualan dodol pulut sebesar Rp.36.287.389,52,- dan penjualan dodol nangka sebesar Rp.65.461.984,86,- atau pada saat produksi dodol pulut sebanyak 1.814 kg dan produksi dodol nangka sebanyak 1.853 kg. Pada saat penelitian, usaha ini telah berada diatas titik impas dengan penjualan produk dodol pulut sebesar Rp.93.060.000,- dan dodol nangka sebesar Rp.437.0 I 0.000,-. Dari hasil analisis bauran pemasaran diketahui bahwa produk yang dihasilkan oleh usaha Andri Jaya tergolong kepada produk konsumsi karena merupakan makanan khas Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Produk dodol pulut dikemas dengan menggunakan upih pinang dengan label Andri Jaya dan produk dodol nangka dikemas dengan kotak yang didominasi warna kuning dan hijau dengan merek Andri Jaya. Harga ditetapkan dengan metode cost pl,us pricing oleh pemilik dimana harga jual produk duiol pulut untuk tiap kemasannya adalah Rp.5.000,- per bungkus dan produk dodol nangka Rp.15.000,- per kotak. Usaha Andri Jaya menggunakan saluran distribusi secara langsung dan tidak langsung. Produk didistribusikan ke beberapa swalayan di kota Pekanbaru dan di kota Bangkinang. Usaha Andri Jaya belum melakukan promosi secara khusus untuk memperkenalkan produknya. Sehubungan dengan penelitian ini disarankan kepada pihak usaha Dodol Andri Jaya agar membuat catatan keuangan laporan laba rugi, agar dapat dilihat tingkat perkembangan usaha. Disarankan juga melakukan promosi yang lebih gencar lagi, seperti iklan melalui radio atau surat kabar, agar konsumen lebih banyak lagi yang membeli produk dodol pulut dan dodol nangka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:05
Last Modified: 04 Oct 2011 04:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14371

Actions (login required)

View Item View Item