Repository Universitas Andalas

MIKROFILARIA PADA PENDUDUK DI DAERAH ENDEMIK FILARIASIS NAGARI TARATAK KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN

Masdiah, Ade Pebriani (2008) MIKROFILARIA PADA PENDUDUK DI DAERAH ENDEMIK FILARIASIS NAGARI TARATAK KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (MIKROFILARIA PADA PENDUDUK DI DAERAH ENDEMIK FILARIASIS NAGARI TARATAK KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (576Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai mikrofilaria pada penduduk di daerah endemik filariasis telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2010 di Nagari Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan dan Laboratorium Taksonomi Hewan, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis- jenis cacing filaria yang ditemukan dalam darah penduduk dan persentase serangan dari masing-masing di daerah endemik filariasis Nagari Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode purposive random sampling dengan pengambilan sampel darah dari 80 penduduk dan pengisian kuisioner. Sampel yang diambil, diperiksa dengan metoda pewarnaan giemsa dan data kuisioner diolah secara deskiptif. Dari hasil pemeriksaan sampel darah, tidak ditemukan mikrofilaria. Namun empat penderita elephantiasis di daerah ini menunjukkan gejala menahun filariasis malayi. Dari hasil kuisioner dan sampel darah diketahui bahwa Nagari Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan merupakan daerah endemik filariasis dengan status klinik amikrofilaremik simtomatik dengan kondisi lingkungan yang sesuai sebagai daerah penyebaran filariasis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:05
Last Modified: 11 Oct 2011 08:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14381

Actions (login required)

View Item View Item