Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TERHADAP TERTANGGUNG KENDARAAN BERMOTOR OLEH PT. ASURANSI (UMUM) BUMIPUTERAMUDA 1967 (STUDI PERWAKILAN PADANG)

Irnayanthi, Irnayanthi (2008) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TERHADAP TERTANGGUNG KENDARAAN BERMOTOR OLEH PT. ASURANSI (UMUM) BUMIPUTERAMUDA 1967 (STUDI PERWAKILAN PADANG). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TERHADAP TERTANGGUNG KENDARAAN BERMOTOR OLEH PT. ASURANSI (UMUM) BUMIPUTERAMUDA 1967 (STUDI PERWAKILAN PADANG)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (589Kb) | Preview

Abstract

Asuransi merupakan lembaga penanggung resiko, dimana resiko itu akan terjadi pada harta benda. Resiko itu dapat dihindari dengan cara memperalihkannya kepada pihak lain. Asuransi telah berkembang diantaranya dibidang otomotif, yaitu kendaraan bermotor. Dengan semakin banyaknya jumlah dari kendaraan bermotor itu tidak menutup kemungkinan akan resiko yang mungkin akan terjadi, seperti tabrakan, kecurian dan sebagainya. Untuk mengatasi kerugian itu maka dibuatlah perjanjian asuransi. Asuransi di Indonesia sudah ada sejak zaman Belanda. Dimana salah satu produknya adalah asuransi kerugian, seperti yang ada pada perusahaan asuransi BUMIDA 1967. Tujuan dari perjanjian asuransi itu adalah pengalihan resiko kepada pihak penanggung dengan syarat-syarat tertentu, kadang-kadang pengalihan resiko itu sulit untuk diwujudkan oleh kedua belah pihak atau satu pihak melakukan wanprestasi, seperti wanprestasi yang dilakukan oleh pihak penanggung khususnya dalam hal pembayaran klaim sehingga pihak tertanggung merasa dirugikan, untuk itu pihak tertanggung perlu diberikan perlindungan dalam pelaksanaan perjanjian itu. Dalam hal ini penulis mengambil perlindungan terhadap tertanggung kendaraan bermotor yang diberikan oleh PT Asuransi (Umum) BUMIDA 1967 Perwakilan Padang. Sehubungan dengan masalah perlindungan terhadap tertanggung, maka penulis akan menbahas beberapa permasalahan . Bagaimana bentuk-bentuk perlindungan yang diberikan terhadap tertanggung, Bagaimana prosedur pelaksanaan perlindungan terhadap tertanggung, Apa saja hambatan yang dihadapi dalam memberikan perlindungan terhadap tertanggung dan upaya penyelesaiannya. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:05
Last Modified: 04 Oct 2011 07:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14382

Actions (login required)

View Item View Item