Repository Universitas Andalas

ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI BANJIR KANAL PADANG DITINJAU DARI BEBERAPA PARAMETER FISIKA DAN KIMIA

Prabowo, Askesda Ramedial (2008) ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI BANJIR KANAL PADANG DITINJAU DARI BEBERAPA PARAMETER FISIKA DAN KIMIA. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI BANJIR KANAL PADANG DITINJAU DARI BEBERAPA PARAMETER FISIKA DAN KIMIA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (541Kb) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya suatu negara terutama disektor industri, semakin banyak masalah yang kita temui. Masalah yang utama sekali adalah pencemaran lingkungan, dan salah satunya adalah pencemaran diperairan sungai. Penelitian tentang analisis kualitas air sungai Banjir Kanal Padang ditinjau dari parameter fisika dan kimia telah dilakukan untuk mengetahui apakah daerah perairan ini tercemar atau tidak dengan limbah domestik dan nondomestik. Parameter fisika yang ditentukan pada penelitian ini adalah suhu dan zat padat tersuspensi, sedangkan parameter kimianya adalah pH, DO, BOD, dan COD. Data yang diperaleh untuk penentuan suhu herkisar antara 25 - 31 'C; zat padat tersuspensi 96 - 396 mg/L; pH 7,23 - 7,53 DO 4,64 - 11,8 mg/L; BOD 0,83 - 1,99 mg/L; COD 5,72 - 15,06 mg/L. Berdasarkan data yang diperoleh dari analisis fisika-kimia dapat diketahui bahwa parameter yang diukur telah melampaui ambang batas yang ditetapkan PP RI No. 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:05
Last Modified: 10 Oct 2011 02:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item