Repository Universitas Andalas

PENGARUH JARAK PEMBUANGAN LIMBAH TERHADAP KANDUNGAN NATRIUM (Na) DAN KALIUM (K) DALAM AIR SUMUR DI KECAMATAN PAUH

Sari, Ega Comala (2008) PENGARUH JARAK PEMBUANGAN LIMBAH TERHADAP KANDUNGAN NATRIUM (Na) DAN KALIUM (K) DALAM AIR SUMUR DI KECAMATAN PAUH. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH JARAK PEMBUANGAN LIMBAH TERHADAP KANDUNGAN NATRIUM (Na) DAN KALIUM (K) DALAM AIR SUMUR DI KECAMATAN PAUH) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (782Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pengaruh jarak pembuangan limbah terhadap kandungan natrium (Na) dan kalium (K) dalam air sumur di Kecamatan Pauh telah dilakukan dengan menggunakan metoda fotometri nyala. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar natrium dan kalium dalam air sumur di Kecamatan Pauh dan melihat apakah ada pengaruh air cucian yang merembes kedalam sumur. Pengambilan sampel dilakukan pada 4 Kelurahan yaitu: Kelurahan Cupak Tengah, Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Kelurahan Kapalo Koto dan Kelurahan Limau Manis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kadar natrium dan kalium masih berada dibawah ambang batas persyaratan kualitas air minum yang ditetapkan oleh peraturan Menteri Kesehatan RI No. 416 tahun 1990. Masing-masing kadar natrium dan kalium yang didapat lebih kecil dari 200 mg/L dan 10 mg/L, yaitu natrium berkisar antara 2,1-10,7 dan kalium 0,1-7,8. Berdasarkan uji statistik, natrium mempunyai korelasi antara jarak pengambilan sampel dan konsentrasi sehingga ada pengaruh dari rembesan air cucian, sedangkan pada kalium tidak ditemukan. Hal ini dapat dilihat dari tingginya konsentrasi natrium dibandingkan dengan kalium.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:05
Last Modified: 07 Oct 2011 07:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14393

Actions (login required)

View Item View Item