Repository Universitas Andalas

INVENTARISASI DAN KARAKTERISASI KERAGAMAN MORFoLoGIS TANAMAN SAGU (Metroxylon sp.) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Riska, Kemala (2008) INVENTARISASI DAN KARAKTERISASI KERAGAMAN MORFoLoGIS TANAMAN SAGU (Metroxylon sp.) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (INVENTARISASI DAN KARAKTERISASI KERAGAMAN MORFoLoGIS TANAMAN SAGU (Metroxylon sp.) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (550Kb) | Preview

Abstract

Penelitian Inventarisasi dan Karakterisasi keragaman morfologi sagu (Metroxylon sp) telah dilaksanakan di 4 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Kecamatan Lengayang, Kecamaan Batang Kapas, Kecamatan Linggo Sari Baganti, dan Kecamatan Ranah Pesisir. Penelitian ini dilakukan dari November 2009 sampai dengan Januari 2010 dengan tujuan untuk menginventarisasi dan mendapatkan informasi awal mengenai keragaman morfologi sagu di Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel secara sengaja (Purposive sampling) sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan yaitu tanaman sampel berumur 8 sampai 10 tahun dengan diunnya telah mengembang sempurna berkemiringan 45' dengan kriteria lokasi pengambilan sampel yaitu kecamatan yang paling banyak ditumbuhi sagu. Pengamatan atau data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari informasi morfologi yang diukur dan diamati secara langsung. Data sekunder meliputi hasil wawancara dengan petani sampel dan Dinas Pertanian setempat. Untuk melihat tingkat kekerab^atan antaratanaman sagu dilakukan analisis kekerabatan dengan program Minitab @ Release 14.12. Berdasarkan hasil penelitian di Kabupaten Pesisir Selatan didapatkan kesimpulan bahwa, terdapat keragaman morfologi sagu meliputi morfologl daun dan batang dan dari analisis ketcerabatan didapatkan tingkat keragaman jenis yang cukup variatif, Terdapat 2 kelompok besar tanaman sagu, kelompok pertama sampel 1,2,4,5,6, 10 dan kelompok kedua sampel 3,7,8,9, dimana nilai peibedaan kelompok pertama dengan kedua yaitu 27,79%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:04
Last Modified: 11 Oct 2011 08:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14395

Actions (login required)

View Item View Item