Repository Universitas Andalas

Perawatan dan Perbaikan Poros (Shaft) Pompa 140-P-14 B (Studi Kasus di PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai)

Satria, Bayu Putra (2008) Perawatan dan Perbaikan Poros (Shaft) Pompa 140-P-14 B (Studi Kasus di PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Perawatan dan Perbaikan Poros (Shaft) Pompa 140-P-14 B (Studi Kasus di PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (571Kb) | Preview

Abstract

Pompa sentrifugal memiliki peranan yang penting dalam dunia industri yaitu sebagai alat untuk memindahkan fluida dari suatu tempat ke tempat lain. Pompa sentrifugal 140-P-14B, berfungsi untuk memompakan air yang ada pada bak settling basin yang merupakan sisa proses decoking ke clarifier. Mengingat kerusakan yang terjadi pada pompa ini disebabkan oleh karena poros(shaft) bengkok, maka dilakukanlah analisa kerusakan dan perbaikan terhadap poros (shaft) ini. Penulisan tugas akhir ini berawal pada kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai dengan menggunakan metode observasi (pengambilan data ke lapangan), interview dan studi literatur yang selanjutnya tersusun dalam sebuah laporan Tugas Akhir. Kerusakan yang terjadi pada pompa sentrifugal 140-P-14B meliputi bengkoknya pompa (shaft), hal ini biasanya disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya : faktor konstruksi, faktor maintenence, faktor lingkungan dan faktor terhadap manusia. Bengkoknya poros (shaft) pada pompa ini dapat menyebabkan vibrasi yang tinggi pada pompa. Maka dari itu, untuk menghemat biaya poros (shaft) dapat diperbaiki dengan teknik pemanasan. Sebelum itu poros (shaft) tersebut perlu dicek dahulu seberapa lenturnya poros (shaft) tersebut dengan cara run out. Jika hasilnya lebih dari 0,02 shaft tersebut harus diluruskan dengan cara pemanasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Jun 2011 02:45
Last Modified: 10 Oct 2011 03:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item