Repository Universitas Andalas

Persepsi Mahasiswa Jurusan llmu Politik Terhadap Efektivitas Kampanye Media Pajang Luar Ruang Caleg Pemilu Legislatif 2009 (Suatu Studi Pada Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Andalas)

Reyvaldo, Reyvaldo (2010) Persepsi Mahasiswa Jurusan llmu Politik Terhadap Efektivitas Kampanye Media Pajang Luar Ruang Caleg Pemilu Legislatif 2009 (Suatu Studi Pada Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Andalas). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Persepsi Mahasiswa Jurusan llmu Politik Terhadap Efektivitas Kampanye Media Pajang Luar Ruang Caleg Pemilu Legislatif 2009 (Suatu Studi Pada Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Andalas)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (552Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini melihat pandangan mahasiswa ilmu politik sebagai akademisi di bidang politik yang dituntuntut untuk dapat memahami dan menganalisa fenomena politik berupa efektivitas bentuk media kampanye yang digunakan oleh calon anggota legislatif dalam pemilu legislatif tahun 2009. Pendekatan teori yang peneliti gunakan adalah teori persepsi Leavitt teori Prof. Dr. Sondang Siagian dan Miftah Thoha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian Fenomenologi, dengan teknik pemilihan informan secara Purposive Sampling Unit analisis yang digunakan adalah unit analisa individu dalam suatu lembaga, menggunakan jenis data primer dan data sekunder dengan uji keabsahan data dengan trianggulasi sumber data serta analisis data dengan menggunakan interprestasi etik dan interprestasi emik. Dari data yang didapatkan di lapangan, ditemukan ternyata media kampanye berupa baliho, poster dan spanduk tidak efektif untuk mempengaruhi masyarakat memilih calon anggota legislatif, media tersebut hanya sebagai bentuk sosialisasi, namun jika ditinjau dari harganya, media tersebut cukup mahal jika hanya sebatas media sosialisasi. Sedangkan jika membandingkan berbagai bentuk media yang kebanyakan digunakan oleh caleg, media televisi yang memiliki pengaruh paling besar karena masyarakat Indonesia yang konsumtif terhadap media televisi. Tapi tentunya media televisi ini merupakan media yang paling mahal jika dibandingkan dengan media yang lainnya. Sebagai akademisi dibidang politik mahasiswa ilmu politik tentunya juga dituntut dapat memikirkan alternatif lain bentuk kampanye yang dapat dilakukan oleh para calon anggota legislatif dalam pemilu mendatang. Diantaranya dengan langsung mendatangi masyarakat ke pemukiman dengan atribut politiknya, dengan pemanfaatan media teknologi informasi, berusaha memahami kebutuhan masyarakat, memberikan pendidikan politik, dan yang terakhir melakukan pendekatan langsung ke masyarakat sebelum masuk masa pemilu tanpa membawa embel-embel politik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 07 Jun 2011 02:45
Last Modified: 07 Jun 2011 02:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14422

Actions (login required)

View Item View Item