Repository Universitas Andalas

Aktifitas politik perempuan (Studi Tentang Prolit Alumni Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang)

Hernela, Fitrah (2010) Aktifitas politik perempuan (Studi Tentang Prolit Alumni Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Aktifitas politik perempuan (Studi Tentang Prolit Alumni Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (593Kb) | Preview

Abstract

Perempuan dan politik selalu menjadi perhatian yang serius bagi ilmuan politik terutama setelah bergulirnya konsep kesetaraan gender. Peran perempu´┐Żul dalam politik selalu bertentangan dengan paradigma dalam masyarakat (paradigma patrilinial) yang menyatakan bahwa ranah politik bukanlah wilayah perempu6ui. Hal tersebut menyebabkan kesnggenan dalam diri perempuan if* sendiri untuk aktif dalam suatu kegiatan politik, jika mereka tetap terjun dalam ranah politik tersebut, jauh lebih sulit bagi mereka untuk berhasil dalam berkarya dalam politik dibandingkan pria. Perempuan yang terjun datam ranah politik akan mendapat lebih banyak hambatan, terlebih hambatan dari kaum perempuan itu sendiri. Padahal perenipuan Indonesia memiliki daya saing dan kesempatan yang sama layaknya kaum pria. Kehadiran Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang pada awal pembentukannya merupakan sebuah upaya dari ibunda Rahma El Yunusiyyah gntuk memberikan pendidikan kepada kaurn perempuan agar dapat menerima pendidikan selayaknya pria pada masa tersebut dan memperluas .,^/a'iiasan bagi perempuan demi mencerdaskan bangsa dan agar bisa mendapat pendidikan yang setara dengan yang di dapat oleh kaum adam. Hingga saat ini Diniyyah Puteri telah terus berkembang sebagai sebuah lembaga pendidikan berbasis Islam di Indonesia dan selam 85 tahun berkiprah dalam dunia pendidikan pondok pesantren ini telah memiliki 19.000 alumni lulusan Diniyyah Puteri. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pengaruh perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang terhadap keberhasilan aktifitas politik alumni Perguruan Diniyah Puteri Padang Panjang. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep partisipasi politik, kekuasaan wanita dalam dunia politik dan konsep perempuan dan politik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Adapuii tekmk yang digunakan '.rntuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara langsung tidak berstruktur, serta dokumentasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 07 Jun 2011 02:45
Last Modified: 07 Jun 2011 02:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item