Repository Universitas Andalas

Strategi Adaptasi Masyarakat dalam Pengambilan Kayu Bakar ( Studi Kasus di Desa Muaro Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam )

Rahendra, Rahendra (2010) Strategi Adaptasi Masyarakat dalam Pengambilan Kayu Bakar ( Studi Kasus di Desa Muaro Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam ). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Strategi Adaptasi Masyarakat dalam Pengambilan Kayu Bakar ( Studi Kasus di Desa Muaro Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (496Kb) | Preview

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimena pandangan / pengetahuan masyarakat terhadap pengambilan kayu bakar dan bagaimana proses pengambilan kuyo bakar itu sendiri dan strategi adaptasi yang digunakan dalam pengambilan kayu bakar bagaimana proses pemasarim kayu bakar serta bagairnana usaha masyarakat Desa Muaro tersebut dalarn usaha pelestarian hutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawansara dan studi kepustakaan. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan secara puqposif sampling yang dibagi dalam dua kategori yaitu informan biasa dan infornan kunci. Penelitian ini dilakukan di Desa Muaro Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Desa Muaro terletak dipinggir jalan raya lintas Bukittjnggi * Medan dan desa ini terlstak dipinggiran hutan. Oleh sebab itu masyarakat Desa Muaro aktivitas perekonomiannya cukup dipenganrhi oleh lingkungannya tersebut, dalam hal ini hutan itu sendiri. Mereka memanfaatkan hutan tersebut untuk rnemenuhi kebutuhan mereka. Dan yang menjadi kajian disini, masyarakat Desa Muaro memanfaatkan hutan dengan mengambil kayo bakar unhk pemenuhan kebutuhan mereka dan bahkan untuk dijadikan komoditi ekonomi. Hasil penelitian rnenggambarkan pengetahuan masyarakat tentang jenis kuyu, areal tebangan, alat-alat yang digunakan ,bagaimana strategi adaptasi masyarakat dalam pros�s pengambilan kayu bakar , sert& bagaimana proses pemasaran kayu bakar dan bagairnana usaha masyarakat Desa Muaro dalarn usaha pelestarian hutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 07 Jun 2011 02:45
Last Modified: 21 Sep 2011 03:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14428

Actions (login required)

View Item View Item