Repository Universitas Andalas

KARAKTERISTIK KUALITATIF AYAM KAMPUNG BETINA DI KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Dayana, Yesa (2008) KARAKTERISTIK KUALITATIF AYAM KAMPUNG BETINA DI KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (KARAKTERISTIK KUALITATIF AYAM KAMPUNG BETINA DI KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (642Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dasar mengenai karakteristik kualitatif ayam kampung betina di kecamatan Koto XI Tarusan kabupaten Pesisir Selatan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi tentang karakteristik sifat-sifat kualitatif ayam kampung betina, sehingga dapat digunakan untuk program pengembangan ayam kampung. Parameter yang diamati adalah warna bulu, bentuk jengger, warna kulit kaki/shank dan warna kulit badan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 ekor ayam kampung betina. Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan pengambilan sampel secara Purposive Random Sampling, data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan menghitung persentasenya. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik kualitatif ayam kampung betina di kecamatan Koto XI Tarusan kabupaten Pesisir Selatan yaitu : warna bulu hitam (E) 44,5%, emas (s) 15,5%, tiar (e) 14%, putih (I) 13,5%, bar (B) 7%, keperakan (S) 4% dan columbian (e) 1,5%. Jengger berbentuk pea (P) 56%, walnut (W) 21%, tunggal (p) 20,5% dan rose (R) 2,5%. Warna kulit kaki (shank) kuning/putih (Id) 84,5% dan hitam (id) 15,5%. Warna kulit badan kuning/putih 96,5% dan hitam 3,5%. Warna bulu ayam kampung yang paling banyak ditemukan adalah warna bulu hitam (E) 44,5%, sedangkan bentuk jengger ayam Kampung yang paling banyak ditemukan adalah bentuk jengger pea (P) 56%. Wama kulit kaki/shank ayam Kampung yang paling banyak ditemukan adalah kulit kaki/shank warna kuning/putih (Id) 84,5%, sedangkan warna kulit badan ayam kampung yang paling banyak ditemukan adalah kulit badan warna kuning/putih sebanyak 96,55%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 08 Jun 2011 03:00
Last Modified: 03 Oct 2011 07:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item View Item