Repository Universitas Andalas

INTEGRASI TAGUCHI LOSS FUNCTION DENGAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM PEMILIHAN PEMASOK

Gusti, Monalisa (2008) INTEGRASI TAGUCHI LOSS FUNCTION DENGAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM PEMILIHAN PEMASOK. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (INTEGRASI TAGUCHI LOSS FUNCTION DENGAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM PEMILIHAN PEMASOK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (552Kb) | Preview

Abstract

PT. Coca Cola Bottling Indonesio Central Sumatera (PT. CCBICS) adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi minuman berlcarbonqsi. Dalam kegiatan operasionalnya PT. CCBICS mendapat pasoknn bahan baku dari pemasoknyo. Salah satu komponen yang dipasok oleh PT. CCBICS adolah pressure gauge. Pressure gauge memiliki 3 pemasok yaitu: Pemasok I, Pemasok 2, dan Pemasok 3. Untuk menentukan pemasok terbaik perlu dipertimbangkan berbagai lviteria. Oleh ksrens itu diperlukan suatu tefutik ysng bisa mengarahkan pengambil lreputusan untuk menentukan pemasok terbsik atas dasar pertimbangan kriteria majemuk. Pada penelitian ini, dilakukon pemilihan pemasok dengan menggunakan metode Taguchi loss function-Analytical Hierarchy Process- Programa Linear Fuzzy (Taguchi loss function-Fuzzy AHP) dengan pertimbangan fuiteria maiemuk, yaitu lretenglrapan barong, lwalitas, pengtriman, dan qualrty loss. Pemilihan pemasok menggunoknn metode ini dilakukan dengan memaksimalkan performansi pemasok berdasarkan setiap fuiterio, selanjutuya dilakukan aggregat performansi pemasok berdosarkan keseluruhan biteria. Solusi optimal pemasok terbaik diperoleh dengan menggunakan bantuan software Lindo 6.0. dan Solver Microsoft Exccel. Berdasarkan perhitungan rasio konsistensi pemililnn pemasok, diperoleh nilai CR S 0,1 sehingga hasil evaluasi dapat diterima. Dari hasil pemilihan pemasok dengan menggunakan metode Taguchi loss function-Fuzzy AHP pemasok 2 terpilih sebagai pemasok terbaik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 08 Jun 2011 03:00
Last Modified: 04 Oct 2011 03:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14455

Actions (login required)

View Item View Item