Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN LAMPU RUMAH DAN LAMPU TAMAN MENGGUNAKAN REMOTE KONTROL TELEVISI

Hadinata, Surya (2008) PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN LAMPU RUMAH DAN LAMPU TAMAN MENGGUNAKAN REMOTE KONTROL TELEVISI. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN LAMPU RUMAH DAN LAMPU TAMAN MENGGUNAKAN REMOTE KONTROL TELEVISI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (421Kb) | Preview

Abstract

Pengendalian peralatan listrik pada rumah tangga seperti pengendalian lampu taman dan lampu rumah biasanya dilakukan dengan menekan langsung saklar peralatan tersebut, dengan adanya pengendalian menggunaknn remote televisi dapat memudahkan untuk mengendalikan lampu tersebut. Tujuan dari pengendalian menggunakan remote televisi adalah untuk merubah pengendalian manual menjadi pengendalian menggunakan remote televisi. Ketersediaan alat pengontrolan tersebut mendorong terjadinya evolusi dalam cara penggunaan sebagai unit-unit kendali sudah sangat luas. Hal ini dikarenakan peralatan-peralatan yang dikontrol secara elektronik lebih banyak memberi kemudahan-kemudahan dalam penggunaannya, Seperti dapat melakukan pengendalian jarak jauh. Cara kerja alat pengendali lampu rumah dimulai dari transmiter mengirimknn sinyal digital yang akan diteruskan pada receiver infrared, data yang diterima berupa data-data biner, selanjutnya data biner tersebut akan diproses pada mikrokontroller, dari mikrokontroller ini akan mengendalikan relay yang perintahnya berasal dari transmiter (remote televisi). Dengan adanya aplikasi ini, maka diharapkan dapat menjadi suatu terobosan baru dalam pemanfaatan pengendalian peralatan listrik pada rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 08 Jun 2011 02:59
Last Modified: 04 Oct 2011 03:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14480

Actions (login required)

View Item View Item