Repository Universitas Andalas

PENGONTROLAN SUHU BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA8535 DALAM PROSES PENETASAN TELUR AYAM

Vigra, Ridho (2008) PENGONTROLAN SUHU BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA8535 DALAM PROSES PENETASAN TELUR AYAM. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PENGONTROLAN SUHU BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA8535 DALAM PROSES PENETASAN TELUR AYAM) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (539Kb) | Preview

Abstract

Penggunaan mesin tetas telur ayam sangatlah menguntungkan bagi orang yang ingin beternak ayam. Dengan menggunakan mesin tetas, menjadikan induk terus menerus dapat menghasilkan telur, tanpa terpotong oleh masa mengerami selama 21 hari dan membesarkan anak-anak ayam setidaknya untuk jangka waktu 30-45 hari berikutnya sebelum sang induk betina mulai bertelur kembali. Pada tugas akfiir, ini induk ayam akan digantikan fungsi kerjanya oleh sebuah lampu AC 220 Volt dengan daya 5 Watt. Pengontrolannya berupa redup dan terang lampu sesuai dengan suhu yang dibutuhkan dalam proses penetasan telur ayam yaitu antara >=36'C sampai dengan >=39'C, lampu tersebut akan terang jika suhu terbaca <=36'C, sedangkan jika suhu terbaca >=39'C maka lampu akan redup dan kipas angin akan bekerja juga sampai suhu turun. Hal tersebut terjadi terus menerus untuk membuat suhu agar tetap pada suhu <=36'C sampai >=39'C. Untuk mengendalikan lampu tersebut dibutuhkan driver, driver yang digunakan ada 2 buah yaitu untuk lampu terang dan lampu redup, sedangkan untuk pengendalian kipas angin DC 12 Vdc juga digunakan driver sebanyak 2 buah. Pendeteksi suhu didalam tempat penetasan telur ayam tersebut dilakukan oleh sensor suhu LM35 dengan mikrokontroler yang digunakan adalah mikrokontroler ATmega8535. Hasil pembacaan suhu ditampilkan pada LCD dan hasil yang telah diperoleh dari pembuatan tugas akhir ini adalah penetasan telur ayam selama 19 sampai 21 hari, dengan penggunaan mikrokontroler AVR ATmega8535 menggunakan bahasa code vision AVR C dapat mengendalikan suhu pada penetasan telur ayam ini serta penetasan telur ayam ini dirancanng untuk proses penetasan telur ayam secara otomatis yang sangat bermanfaat bagi peternak ayam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 08 Jun 2011 02:59
Last Modified: 11 Oct 2011 05:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14484

Actions (login required)

View Item View Item