Repository Universitas Andalas

PENEGAKKAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN LATIHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

Rizkinta, Anna (2010) PENEGAKKAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN LATIHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (PENEGAKKAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN LATIHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (590Kb) | Preview

Abstract

Dalam menjalankan usaha pencapaian tujuan bangsa yang mewujudkan. masyarakat yang taat hukum, berkepribadian baik, demokratis, makmur dan adil, sebagai abdi masyarakat diperlukan adanya pelayanan publik, pelayanan publik tersebut dilaksanakan oleh pegawai negeri. Pengaturan tentang pegawai negeri saaljni telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 yang merupakan perubahan dari Undang- ttrndang Nomor I Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian sebagai landasan hukum, dalam rangka pembinaan aparatur menuju adminishasi yang sempurna sangat bergantung kepada kualitas pegawai negeri. Selain Undang-Undang 43 Tahun 1999 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian, diperlukan juga Peraturan Pemerintah Nomor 30 tr"'ahun 1980 Tentang peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang dimaksudkan untuk mendidik dan membina Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pembinaan penerapan disipin PNS di Pemerintah Daerah Pasaman Barat dikoordinir oleh SKPD yaitu Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BKPL) Pasaman Barat. Sebagai Badan yang melaksanakan koordinasi dalam penerapan disiplin FNS, maka sudah sewajarnya mekanisme penerapan disiplin PNS yang tinggi diterapkan oleh BKPL Pasaman Barat. Sehubungan dengan hal tersebut maka lokasi penelitian di laksanakan di BKPL. Penelitian ini merumuskan perrnasalahan a) bagaimana mekanisme penegakkan disiplin PNS pada Badan, Kepegawaian dan Latihan, b) hambatan-hambatan apa saja yang ditemukan dalam meningkatkan kedisiplinan PNS pada Badan, Kepegawaian, Latihan serta bagaimana cara mengatasinya. Untuk menyelesaikan permasalahan, peneliti melakukan penelitian dengan melakukan penelitian dengan sifat penelitian Deskriptif yaitu menggambarkan suatu keadaan yallg berada pada mayarakat, tata cara yang berlaku dalam masyarakat, serta situasi, sikap, pandangan, proses yang sedang berlangsung, pengaruh dari suasana fenomena, pengukuran yang ceramat tentang fenomena dalam nrasyarakat dan berusaha memberikan dan cermat fakta-fakta aktual dan sifat populasi tertentu, yang didasarkan kepada hasil wawancara, observasi, kuisioner, sedangkan penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekuder dan penelitian lapangan untuk mendapatkan data primer. Dari hasil penelitian dan perumusan masalah penulis menyimpulkan bahwa mekanisme penegakan disiplin PNS BKPL Pasaman Barat belum sepenultnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980, hal tersebut dikarenakan adanya hambatan internal dan hambatan eksternal. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dirumuskan saran perlunya dilakukan sosialisasi yang lebih intensif kepada PNS BKPL tentang kewajiban dan larangan PNS, adanya pembinaan PNS dalarn upaya peningkatan kedisiplinan, ada sanksi yang tegas terhadap setiap pelanggaran disiplin PNS dan PNS yang berdisiplin diberikan reward dan bagi yang melanggar diberikan sanksi yang tegas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 08 Jun 2011 02:59
Last Modified: 08 Jun 2011 02:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item View Item