Repository Universitas Andalas

ISOLASI DAN KARAKTERISASI FLAVONOID PADA FRAKSI AKTIF ANTIOKSIDAN DARI BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl)

Yanti, Melida (2008) ISOLASI DAN KARAKTERISASI FLAVONOID PADA FRAKSI AKTIF ANTIOKSIDAN DARI BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (ISOLASI DAN KARAKTERISASI FLAVONOID PADA FRAKSI AKTIF ANTIOKSIDAN DARI BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (544Kb) | Preview

Abstract

Isolasi flavonoid dari fraksi etil asetat ekstrak buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl) dan uji antioksidan awal dari ekstrak ketal metanol, fraksi metanol-air, fraksi etil asetat dan fraksi n-heksana dengan metoda "penangkapan radikal bebas DPPH", telah dilakukan. Hasil isolasi berupa padatan putih-kekuningan yang memberikan noda tunggal terhadap beberapa eluen dengan berbagai perbandingan. Hasil spektroskopi UV memberikan serapan pada panjang gelombang maksimum 222 nm dan 305 nm. Spektrum IR memberikan pita serapan penting pada bilangan gelombang 3369 cm^-1, ,2926 cm^-1, 1660 cm^-1, 1449 cm^-1, 1085 cm^-1,1273 cm^-1, 923 cm^-1. Dari analisa spektrum IR, spektroskopi UV menggunakan pereaksi geser, kromatografi kertas 2 arah (KKt2A) dapat disimpulkan bahwa senyawa hasil isolasi diperkirakan adalah golongan flavon glikosida yang memiliki gugus fungsi -oH, c=C, -cH dan c=o dan memiliki substituen gugus hidroksil pada atom C3, C5 dan C4.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 08 Jun 2011 09:03
Last Modified: 12 Oct 2011 03:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14530

Actions (login required)

View Item View Item