Repository Universitas Andalas

SINTESIS NANOPARTIKEL MAGNETIT (Fe3O4) DARI BATUAN BESI DENGAN METODE KOPRESIPITAS1 DAN KARAKTERISASINYA

Oktavia, Dewi (2008) SINTESIS NANOPARTIKEL MAGNETIT (Fe3O4) DARI BATUAN BESI DENGAN METODE KOPRESIPITAS1 DAN KARAKTERISASINYA. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (SINTESIS NANOPARTIKEL MAGNETIT (Fe3O4) DARI BATUAN BESI DENGAN METODE KOPRESIPITAS1 DAN KARAKTERISASINYA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (534Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang sintesis nanopartikel magnetit (Fe3O4) dari batuan besi dengan metode kopresipitasi dan karakterisasinya telah dilakukan. Batuan dihaluskan dan didestruksi dengan HCl 6 M pada suhu 90'C selama 20 jam sehingga terlarut 67,06 %. Sebagian kation Fe^3+ dalam filtrate direduksi dengan menggunakan reduktor organik (etanol dan dietanolamin), kemudian dilakukan kopresipitasi menggunakan KOH 3 M. Hasil analisis X-ray Diffraction (XRD) sesuai dengan standar JCPDS No.79-0417 menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan adalah magnetit (Fe3O4). Dengan menggunakan persamaan Scherer, ukuran kristal yang dihasilkan dengan menggunakan reduktor etanol adalah 11 nm dan dengan menggunakan reduktor dietanolamin (DEA) adalah 14 nm. Analisis Scanning Electron Microscopy (SEM) memperlihatkan morfologi partikel magnetit yang tidak homogen. Berdasarkan analisis Vibrating Sample Magnetometer (VSM), Magnetit (Fe3O4) yang didapatkan bersifat superparamagnetik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 08 Jun 2011 22:15
Last Modified: 06 Oct 2011 03:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14541

Actions (login required)

View Item View Item