Repository Universitas Andalas

PENGARUH GEOMETRI TERAS TERHADAP TRANSMUTASI BAHAN BAKAR PADA REAKTOR PEMBIAK CEPAT DENGAN SIKLUS BAHAN BAKAR TERTUTUP

Basri, Anton (2008) PENGARUH GEOMETRI TERAS TERHADAP TRANSMUTASI BAHAN BAKAR PADA REAKTOR PEMBIAK CEPAT DENGAN SIKLUS BAHAN BAKAR TERTUTUP. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH GEOMETRI TERAS TERHADAP TRANSMUTASI BAHAN BAKAR PADA REAKTOR PEMBIAK CEPAT DENGAN SIKLUS BAHAN BAKAR TERTUTUP) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (586Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh geometri teras terhadap transmutasi bahan bakar pada reaktor pembiak cepat dengan siklus bahan bakar tertutup. Penelitian dilakukan menggunakan program DTRIDI FBR dengan memvariasikan geometri teras untuk reaktor pembiak cepat berpendingin logam cair (Pb-Bi) yang beroperasi selama 20 ahun berbahan bakar UN-PuN (Nitrida). Dari hasil keluaran program untuk semua model teras reaktor, dilakukan analisis tentang perubahan trarga faktor multiplikasi neutron (lGtr), perubahan nilai Buniitp, perubahan nilai Breeding Ratio dan perubahan densitas bahan fertil dan fisil di dalam teras reaktor. Dari keseluruhan model teras reaktor yang diamati, model G5 (Z>>X) memberikan hasil yang terbaik dengan mempertahankan harga Keff dalam batas toleransi reaktifitas ($) +- 0,05 selama 13 tahun. Nilai breeding ratio (BR) untuk seluruh model teras masih dalam rentang yang diharapkan (BR>1), namun nilai BR paling baik diberikan oleh model teras G1 (Z<<X). Nilai burnup untuk keseluruhan model meningkat seiring dengan banyaknya nuklida yang berfisi di dalam teras reaktor dan yang paling baik diberikan oleh model teras G1.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Fisika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Fisika
Fakultas MIPA > Fisika
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 09 Jun 2011 01:29
Last Modified: 03 Oct 2011 06:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14548

Actions (login required)

View Item View Item