Repository Universitas Andalas

Pembuatan Precipitated Calcium Carbonate (PPC) Dengan Metode Kaustik Soda Modifikasi Menggunakan Asam Asetat

Idnawaty, Idnawaty (2008) Pembuatan Precipitated Calcium Carbonate (PPC) Dengan Metode Kaustik Soda Modifikasi Menggunakan Asam Asetat. Masters thesis, Paca Sarjana..

[img]
Preview
PDF (Pembuatan Precipitated Calcium Carbonate (PPC) Dengan Metode Kaustik Soda Modifikasi Menggunakan Asam Asetat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (376Kb) | Preview

Abstract

Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki deposit batu kapur yang cukup besar yang berpotensi untuk diolah menjadi precipitatad Calcium Carbonate (Pcc) yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai industri seperti industri kertas,industri plastik detergen, pasta gigi, cat, obat-obatan, kosmetik, zat tambahan pada makanan, polimer dan lain-lain (Aziz,1997; Kralj dan Ljerka, 1997). PCC dapat disintesis dengan menggunakan metoda solvay, karbonasi dan metoda kaustik soda (oates, 1990). pada penelitian ini PCC disintesis dengan menggunakan metoda kaustik soda modifikasi yaitu dengan mereaksikan batu kapur yang sudah dikalsinasi dengan asam cuka dan asam asetat pa. Hal yang dipelajari pada penelitian ini adalah pengaruh pelarutan memakai asam cuka dan asam asetat pa dan pengaruh konsentrasi Na2co3 yang akan menghasilkan PCC dengan rendemen terbanyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 09 Jun 2011 01:29
Last Modified: 04 Oct 2011 03:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14556

Actions (login required)

View Item View Item